29.9 C
Jakarta
Jumat, Maret 5, 2021

Perahu Nelayan Tenggelam Diterjang Ombak Perairan Indramayu

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, INDRAMAYU – Perahu nelayan asal Kabupaten Indramayu tenggelam di perairan Indramayu pada Jumat (19/2) sekitar pukul 06.40 WIB.

Selain itu, tiga nelayan tradisional asal Desa Lombang, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat nyaris tenggelam.

Peristiwa ini terjadi saat perahu nelayan yang ditumpangi tiga nelayan ini bocor akibat diterjang gelombang besar pada Jumat (19/2) sekitar pukul 06.40 WIB.

Akibatnya, perahu nelayan tersebut terseret arus gelombang tinggi. Tiga penumpang kapal berusaha menyelamatkan diri. Mereka berusaha untuk bertahan dengan menggunakan pelampung seadanya. Tiga nelayan tersebut, terombang-ambing di laut selama beberapa jam.

Beruntung, kapal Pertamina TB Balongan II melintas di lokasi tersebut.

Ketiga nelayan terlihat oleh awak kapal Pertamina TB Balongan II yang tengah berada di sekitar SPM 150.000 DWT yang merupakan fasilitas transfer minyak Pertamina RU VI Balongan.

Kapten Kapal TB Balongan II, Moektar mengatakan, saat itu awak kapal TB Balongan II melihat tiga orang nelayan berteriak minta tolong.

Mendengar teriakan para nelayan, TB Balongan II yang saat itu sedang stand by menjaga pengawasan di sekitar SPM 150.000 DWT bergerak mendekati perahu nelayan.

“Kru kapal TB Balongan II dari Marine RU VI Balongan juga bergegas memberikan pertolongan serta melakukan evakuasi terhadap ketiga nelayan,” kata dia.

Setelah kapal TB Balongan II mendekati perahu, kru kapal kemudian mengikatkan tali ke perahu, kemudian langsung mengevakuasi tiga orang nelayan ke dalam kapal TB Balongan II.

“Alhamdulillah semuanya dalam kondisi selamat, meski satu nelayan yakni Dasim mengalami keluhan sakit mual,” terang Moektar.

Setelah berhasil mengevakuasi tiga orang nelayan tersebut diketahui ketiganya bernama Sujana, Darim, Lasmita.

Meski ketiga penumpangnya selamat, namun perahu nelayan yang bocor, tidak dapat diselamatkan. Bangkai perahu nelayan terseret dan terbawa arus gelombang tinggi di laut.

“Nelayan yang kita selamatkan harus menunggu beberapa jam untuk dibawa ke darat. Cuaca buruk dan ombak tinggi jadi kendala,” kata dia.

Moektar menyampaikan di area SPM merupakan area khusus kegiatan operasi Pertamina RU VI Balongan.

Karena area tersebut merupakan lokasi transfer baik loading maupun unloading minyak. “Pertamina yang merupakan area high risk dan rawan kebakaran, selayaknya para nelayan tidak mencari ikan atau mendekati lokasi tersebut yang merupakan area penting bagi perusahaan obyek vital nasional PT Pertamina RU VI Balongan,” kata dia. (**)

- Advertisement -

Latest news

Presiden Joko Widodo Serukan Cinta Produk Dalam Negeri

Kabarmetro.id, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggaungkan cinta produk dalam negeri. Kementerian Perdagangan harus mempunyai kebijakan dan strategi yang tepat untuk mengembangkan produk...
- Advertisement -

Kapolres Humbahas Resmikan Kampung Tangguh Dusun II Desa Sibuntuon Partur

Kabarmetro.id, HUMBAHAS - Kapolres Humbang Hasundutan (Humbahas) AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H meresmikan Dusun II Desa Sibuntuon Partur Kecamatan Lintong Nihuta sebagai...

Polsek Wonoasih Antisipasi Penyalahgunaan dan Pengecekan Senpi Milik Dinas Polri

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Institusi Polri merupakan salah satu Institusi yang dibekali dengan Senjata Api (Senpi) dalam pelaksanaan tugas. Berkaitan dengan hal tersebut, hari ini yang...

Kapolda Jatim Dukung Kegiatan PLN Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Kabarmetro.id, SURABAYA – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr. Nico Afinta, didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim menjalin Silaturahmi serta koordinasi dan audiensi dengan...

Related news

Posko Kebencanaan Muhammadiyah Lazismu Bagikan Ribuan Nasi Bungkus dan Sembko

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Posko Kebencanaan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Lazismu Kabupaten Probolinggo yang didirikan di Hall Lila Catering di Jalan Denjles Desa...

Demi Kepentingan, KPK Minta Imigrasi Cegah Pejabat Ditjen Pajak ke Luar Negeri

Kabarmetro.id, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan telah melakukan permintaan pencegahan terhadap sejumlah pihak terkait kasus suap pajak yang diduga menjerat pejabat Direktorat...

PT Surya Mandiri Jaya Bersama Persit KCK Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir

Kabarmetro.id, TANGERANG - Bersama Ketua Persit KCK Cabang XXIV Kodim 0510/Trs NY. Herawati Bangun I E Siregar PT Surya Mandiri Jaya yang terletak di...

Si Jago Merah Lalap Gudang Prosesing Ikan

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Gudang tempat prosesing ikan yang terletak dikawasan PPP Mayangan Probolinggo, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo sekitar pukul 19:00 WIB, terlihat hangus terbakar....
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan