29.9 C
Jakarta
Jumat, Maret 5, 2021

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh secara Alami

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id – Daya tahan tubuh yang lemah bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar kuat melawan serangan virus dan kuman penyakit lainnya, termasuk COVID-19 yang kini sedang mewabah.

Ada beberapa bahan alami dan mudah ditemukan yang dapat digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Beberapa bahan alami tersebut di antaranya adalah:

Jahe
Jahe memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Karena kandungan tersebut, jahe diyakini dapat memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.

Ginseng
Gingseng mengandung senyawa aktif ginsenoside yang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, mengatasi rasa lelah, hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan kanker.

  1. Daun meniran
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun meniran banyak mengandung zat antioksidan dan antiradang. Penelitian-penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa tanaman herbal satu ini juga dapat memperkuat daya tahan tubuh, mengurangi peradangan, mencegah pertumbuhan sel tumor, serta memelihara kesehatan hati.

Selain ketiga bahan alami di atas, bahan alami lain yang bisa Anda konsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh Anda adalah bawang putih, madu, teh hijau, dan kunyit.

Untuk menjaga daya tahan tubuh Anda agar tetap kuat melawan infeksi, selain dengan mengonsumsi bahan-bahan alami di atas, Anda juga disarankan untuk menjalani pola hidup sehat yang terdiri dari beberapa langkah berikut ini:

Mencukupi istirahat
Tidur merupakan cara alami tubuh untuk mengisi kembali tenaga dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Ketika Anda kurang tidur, tubuh Anda akan rentan mengalami gangguan kesehatan. Salah satu gangguan yang dapat terjadi akibat kurang tidur adalah melemahnya daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, pastikan Anda tidur dengan cukup setiap harinya. Orang dewasa dianjurkan tidur selama 7–9 jam sehari, sedangkan anak-anak dan remaja 8–11 jam.

Mengatasi stres
Stres yang berat atau berkepanjangan tidak hanya dapat menimbulkan masalah psikologis, seperti depresi dan gangguan kecemasan, tetapi juga melemahnya daya tahan tubuh. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Anda rentan sakit jika sering mengalami stres.

Membiasakan diri untuk rutin berolahraga
Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika Anda rutin berolahraga. Selain memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, olahraga rutin juga bisa meningkatkan konsentrasi, membuat tidur lebih nyenyak, serta menjaga berat badan ideal.

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
Dengan menjalani pola makan sehat, tubuh Anda akan mendapatkan beragam nutrisi, seperti protein, zinc, vitamin C, vitamin A, omega-3, serta antioksidan, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Nutrisi-nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan, seperti ikan, telur, kacang-kacangan, buah dan sayur, serta tanaman herba tertentu, misalnya jahe.

Untuk memperkuat daya tahan tubuh, kita dapat menggunakan beberapa bahan alami yang diolah menjadi minuman, teh, jamu, bumbu masakan, hingga dalam bentuk produk herbal. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, apalagi jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi medis tertentu.

Agar mampu menangkal serangan virus dan beragam kuman penyakit, jagalah daya tahan tubuh Anda dengan cara-cara di atas, cuci tangan dengan benar, serta jaga kebersihan diri dan lingkungan. (Red)

- Advertisement -

Latest news

Kapolri Resmikan Kampung Tangguh dan Aplikasi Polisi Dulur Kito di Palembang

Kabarmetro.id - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan serangkaian kegiatan dalam kunjungannya ke Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (4/3). Selain meresmikan Kampung Tangguh Mang...
- Advertisement -

Gerakan Pemuda Ansor Kraksaan Bersihkan Lumpur Banjir Dringu

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Ratusan anggota Gerakan Pemuda Ansor Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo membantu warga terdampak banjir di Kecamatan Dringu dalam membersihkan akses jalan warga...

Pemkab Lakukan Pendataan di Pasar Tradisional Terutama Kios Daging

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) melakukan pengawasan, pendataan dan pembinaan kios daging/produk hewan di pasar...

Presiden Joko Widodo Serukan Cinta Produk Dalam Negeri

Kabarmetro.id, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggaungkan cinta produk dalam negeri. Kementerian Perdagangan harus mempunyai kebijakan dan strategi yang tepat untuk mengembangkan produk...

Related news

Kapolda Jatim Didampingi Gubernur dan Pangdam V Brawijaya Jalani Vaksinasi Covid-19

Kabarmetro.id, SURABAYA - Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Jawa Timur hari ini, Jumat (19/2) menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa...

Vaksinasi Dosis Kedua Pejabat Esensial Rampung di Kota Probolinggo

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Dilaksanakan vaksinasi dosis kedua untuk pejabat di Ruang Transit Kantor Pemkot Probolinggo. Pejabat yang dijadwalkan mendapat suntikan kedua antara lain...

Tahap Dua Verifikasi Data Peserta Vaksinasi di Purwakarta

Kabarmetro.id, PURWAKARTA - Sesuai rencana dan Keputusan Menteri Kesehatan RI, vaksinasi Covid-19 tahap kedua akan dilaksanakan pada pekan ke empat Februari ini. Kepala Dinas Kesehatan...

Setelah Suntik Vaksin Ke 2, Ini yang Dirasakan Dandim 0822/Bondowoso

Kabarmetro.id, BONDOWOSO - Suntikan vaksin Covid-19 kedua Dandim 0822/Bondowoso Letkol Kav. Widi Widayat, ST., bersama Forkompinda dan tenaga kesehatan di Kabupaten Bondowoso dilaksanakan di...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan