24.5 C
Jakarta
Senin, Maret 8, 2021

Suap Bansos, Firli: KPK Tak Pandang Bulu!

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan lembaganya tidak pandang dulu dalam mengusut kasus suap pengadaan bantuan sosial (Bansos) untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020.

“KPK bekerja dengan asas tugas pokok KPK dan semua dipertanggung jawabkan kepada masyarakat, kita tidak pernah pandang bulu, itu prinsip kami,” kata Firli melalui keterangannya di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, ia juga memastikan lembaganya akan mendalami setiap informasi yang berkembang dalam kasus tersebut yang nantinya dikonfirmasi kepada para saksi yang diperiksa.

“Nanti pada waktunya akan dibuka di persidangan. Namun, pada prinsipnya segala informasi yang berkembang dipastikan akan dikonfirmasi kepada para saksi,” ucap Firli.

Oleh karena itu, kata dia, KPK akan terus bekerja termasuk memeriksa saksi yang diduga mengetahui rangkaian peristiwa sehingga menjadi lebih terang dugaan perbuatan para tersangka dalam kasus tersebut.

KPK juga tidak menutupkan kemungkinan untuk menjerat pihak-pihak lain sebagai tersangka dalam kasus tersebut melalui pengumpulan bukti dan juga pemeriksaan saksi.

“KPK sedang melakukan kegiatan pengumpulan barang bukti dan keterangan saksi untuk mengungkap terangnya perkara guna menemukan tersangka. Pada saatnya nanti pasti KPK akan menyampaikan-nya ke publik, berikan waktu kami untuk bekerja,” ujarnya.

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) mengingatkan agar jangan sampai ada oknum-oknum di internal KPK yang berupaya ingin melokalisir penanganan kasus suap pengadaan bansos tersebut.

ICW juga meminta kepada Dewan Pengawas KPK untuk mengawasi secara ketat penanganan kasus tersebut agar tidak ada upaya-upaya sistematis atau intervensi dari internal KPK yang berusaha menggagalkan kerja tim penyidik.

“Sebab, sampai saat ini KPK terlihat enggan untuk memanggil beberapa orang yang diduga memiliki pengetahuan terkait pengadaan bansos. Terutama oknum-oknum politisi yang selama ini santer diberitakan media,” kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam keterangannya di Jakarta, Senin (15/2).

Dalam kasus tersebut, KPK total telah menetapkan lima tersangka, yaitu mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara (JPB), dua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kemensos Matheus Joko Santoso (MJS) dan Adi Wahyono (AW) serta dua orang dari pihak swasta Ardian Iskandar Maddanatja (AIM) dan Harry Van Sidabukke (HS).

Juliari diduga menerima suap senilai Rp17 miliar dari “fee” pengadaan bansos sembako untuk masyarakat terdampak COVID-19 di Jabodetabek.

Untuk “fee” tiap paket bansos disepakati oleh Matheusdan Adi sebesar Rp10 ribu per-paket sembako dari nilai Rp300 ribu perpaket bansos. (Red/FA)

- Advertisement -

Latest news

Mustahik Binaan Baznas di Jember Capai Hasil Panen 394 Kg Maggot

Kabarmetro.id, JEMBER - Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Mustahik Pengusaha melakukan panen 394 maggot yang dilakukan kelompok "Budidaya Maggot BSF Al-Hikmah...
- Advertisement -

MPRS Cabut Mandat Presiden Soekarno

Kabarmetro.id - Jatuhnya Soekarno dari kursi presiden pertama RI merupakan peristiwa politik cukup menarik dan sangat bersejarah. Dimulai dengan Supersemar yang memberi ‘mandat’ kepada...

Target DPC PKB Kota Probolinggo Suara Terbanyak Pilkada dan Pileg 2024

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Musyawarah Cabang Partai Kebangkitan Bangsa menetapkan Abdul Mujib sebagai Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB Kota Probolinggo periode 2021-2026. Muscab serentak di kabupaten...

Bupati Purwakarta Lantik Sejumlah Pejabat Baru

Kabarmetro.id, PURWAKARTA - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengambil sumpah dan melantik dua pejabat eselon II untuk mengisi Jabatan Tinggi Pratama yakni Kepala Dinas...

Related news

Rampung Maret 2922, Tol Jakarta – Cikampek II Selatan Seksi 3 (Taman Mekar – Sadang)

Kabarmetromid, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama PT Jasamarga Jakarta Cikampek (Japek) Selatan tengah melaksanakan pembangunan Jalan Tol Jakarta –...

Mendag Perkuat UMKM Dalam Gerakan Cinta Produk Indonesia

Kabarmetro.id, JAKARTA - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyambut baik gerakan cinta produk Indonesia yang di gaungkan Presiden Jokowi, Sabtu (6/3). Mendag menyampaikan, dalam upaya mendukung...

Mendagri Perpanjang PPKM Mikro hingga 22 Maret 2021

Kabarmetro.id, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), M. Tito Karnavian, telah menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 5/2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro...

Prioritas Produk UMKM, Kemenkop Sosialisasi Belanja Pemerintah

Kabarmetro.id, BENGKULU - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI) menggelar sosialisasi alokasi belanja pemerintah untuk produk UMKM secara...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan