24.9 C
Jakarta
Senin, Maret 8, 2021

Menkominfo: Media Adalah Akselerator Perubahan, Pilar Demokrasi dari Wajah Kebebasan Pers

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan Peringatan Hari Pers Nasional tahun (HPN) 2021 menjadi momentum untuk meningkatkan komitmen pers untuk membangun media massa yang aktual, faktual, dan akuntabel sebagai wujud peran media sebagai akselerator perubahan.

“Saya tentu berharap pada konvensi hari ini, rekan-rekan pers beserta seluruh insan media yang terkait dapat semakin memperkuat komitmen kita bersama sekaligus memperluas peran media dalam membangun media massa yang aktual, faktual dan tidak kurang juga harus akuntabel,” ujar Menteri Johnny dalam Konvensi Media Massa HPN 2021 yang berlangsung secara virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (8/2).

Menteri Kominfo juga menegaskan, momentum HPN 2021 sangat penting, mengingat media adalah akselerator perubahan, sekaligus pilar demokrasi yang merupakan bagian dari wajah kebebasan pers selain persiapan pemerintah dalam menyiapkan regulasi dalam publisher rights.

“Di satu sisi kita berbicara kebebasan yang luar biasa tentu itu terkait dengan konten, tapi di sisi yang lain kita membutuhkan juga regulasi-regulasi yang kuat dalam mengatasi kompetisi yang sangat luar biasa,” jelasnya.

Menteri Kominfo Johnny mengajak seluruh insan pers untuk berkomitmen membangun media massa yang lebih baik sebagaimana merujuk pada agenda-agenda yang telah disepakati pada HPN sebelumnya.

Menurut Menteri Kominfo, industri pers saat ini didorong untuk turut bertransformasi dan beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan dampak dari Covid-19. Oleh karena itu, kemajuan teknologi dan digitalisasi membuat cakupan pers serta media semakin luas, mengingat masyarakat yang semakin bergantung pada teknologi itu sendiri.

“Di sisi yang lain kebutuhan dan permintaan masyarakat terhadap akses informasi yang cepat dan gratis bahkan, turut meningkat dengan adanya digitalisasi,” ujarnya.

Hal tersebut menurut Menkominfo dapat dilihat dari peralihan referensi masyarakat dalam mengkonsumsi berita. Terdapat 6 juta pembaca pada media online yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pembaca pada media cetak yang hanya 4,5 juta.

Survei yang dilakukan oleh Katadata dan Kementerian Kominfo pada tahun 2020 memperlihatkan dominasi media sosial sebagai kanal informasi yang paling dipercaya masyarakat.

“Ini yang harus kita sadari bersama, masyarakat mempercayai media sosial sebagai kanal informasi terpercaya, sekitar 20 persen dari mereka yang menyatakan demikian,” tandasnya.

Jika dilihat dari fenomena tersebut, Menteri Kominfo menegaskan, industri pers dan media pada umumnya dituntut untuk merubah proses pemberitaan menjadi semakin ringkas dan semakin efisien.

Sebab, kebangkitan media sosial sebagai media yang dipercaya masyarakat dapat memantik berbagai isu di masa depan, seperti permasalahan hak cipta, hak reproduksi konten atau disebut dengan publisher right.

“Hal ini tentu perlu disikapi dengan bijak, meski digitalisasi membuat pers dan media melakukan perubahan dalam berbagai proses bisnis yang ada, jangan sampai semangat untuk terus memberitakan informasi yang aktual, faktual dan akuntabel dapat atau menjadi berubah, jangan sampai,” tutup Menteri Kominfo. (Red)

- Advertisement -

Latest news

Mustahik Binaan Baznas di Jember Capai Hasil Panen 394 Kg Maggot

Kabarmetro.id, JEMBER - Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Mustahik Pengusaha melakukan panen 394 maggot yang dilakukan kelompok "Budidaya Maggot BSF Al-Hikmah...
- Advertisement -

MPRS Cabut Mandat Presiden Soekarno

Kabarmetro.id - Jatuhnya Soekarno dari kursi presiden pertama RI merupakan peristiwa politik cukup menarik dan sangat bersejarah. Dimulai dengan Supersemar yang memberi ‘mandat’ kepada...

Target DPC PKB Kota Probolinggo Suara Terbanyak Pilkada dan Pileg 2024

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Musyawarah Cabang Partai Kebangkitan Bangsa menetapkan Abdul Mujib sebagai Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB Kota Probolinggo periode 2021-2026. Muscab serentak di kabupaten...

Bupati Purwakarta Lantik Sejumlah Pejabat Baru

Kabarmetro.id, PURWAKARTA - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengambil sumpah dan melantik dua pejabat eselon II untuk mengisi Jabatan Tinggi Pratama yakni Kepala Dinas...

Related news

Rampung Maret 2922, Tol Jakarta – Cikampek II Selatan Seksi 3 (Taman Mekar – Sadang)

Kabarmetromid, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama PT Jasamarga Jakarta Cikampek (Japek) Selatan tengah melaksanakan pembangunan Jalan Tol Jakarta –...

Mendag Perkuat UMKM Dalam Gerakan Cinta Produk Indonesia

Kabarmetro.id, JAKARTA - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyambut baik gerakan cinta produk Indonesia yang di gaungkan Presiden Jokowi, Sabtu (6/3). Mendag menyampaikan, dalam upaya mendukung...

Mendagri Perpanjang PPKM Mikro hingga 22 Maret 2021

Kabarmetro.id, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), M. Tito Karnavian, telah menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 5/2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro...

Prioritas Produk UMKM, Kemenkop Sosialisasi Belanja Pemerintah

Kabarmetro.id, BENGKULU - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI) menggelar sosialisasi alokasi belanja pemerintah untuk produk UMKM secara...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan