26.6 C
Jakarta
Jumat, Februari 26, 2021

Masyarakat Berikan Apresiasi Pelayanan Terbaik Bareskrim

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, JAKARTA – Berdasarkan survei yang dilakuan oleh MarkPlus, masyarakat menilai positif terhadap pelayanan penegakan hukum dari Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Dalam survei itu, Markplus menemukan gambaran kepuasan masyarakat terhadap korps reserse Polri ini.

Deputy Chairman MarkPlus, Taufik membeberkan, survei ini dilakukan periode 19 November 2020 hingga 3 Desember 2020 dengan 351 responden yang memang menggunakan layanan Bareskrim sepanjang 2018 hingga 2020.

Menurut Taufik, pada aspek layanan, penilaian pelayanan secara umum mendapat nilai 4,80 yang berarti baik.

“Kemudahan prosedur pelayanan dan kesesuaian waktu pelayanan juga dinilai baik dengan masing-masing skor 4,72 dan 4,59,” kata Taufik dalam konferensi pers hasil survei secara virtual, Jumat (15/1).

Hasil survei juga menunjukan sikap dan perilaku SDM di Bareskrim dinilai paling baik diantara aspek lainnya dengan skor 5,12. Diikuti oleh kompetensi SDM dalam pelayanan sebesar 4,96 dan sarana prasarana pendukung layanan 4,88.

Di sisi lain, hasil survei persepsi publik terhadap kinerja, budaya, dan komunikasi terkait penindakan kriminal pada 1.502 responden umum secara online berada pada angka 3,75 dari skala satu sampai enam.

Founder and Chairman MarkPlus Hermawan Kartajaya menambahkan, persepsi publik secara umum terhadap penindakan kriminal oleh Bareskrim mendapat skor lebih rendah jika dibandingkan dengan kepuasan pelayanan yang telah dirasakan oleh pengguna layanan Bareskrim.

Hal ini, kata dia, menunjukan adanya gap antara apa yang dirasakan masyarakat yang mendapatkan pelayanan dengan yang dipersepsikan secara umum.

“Gap antara persepsi publik secara umum dengan yang dirasakan pengguna layanan seharusnya seimbang atau lebih tinggi. Karena jika persepsi publik lebih rendah artinya Bareskrim perlu meningkatkan publikasi terkait kinerja dan inovasi yang sudah dilakukan,” ungkap Hermawan Kartajaya.

Hermawan mengatakan, komunikasi untuk membangun persepsi publik terkait penindakan kriminal perlu ditingkatkan lagi oleh Bareskrim, mengingat persepsi publik khususnya di era digital sangat berpengaruh terhadap image suatu instansi.

Publik yang belum merasakan pelayanan dari Bareskrim tentunya akan memiliki persepsi yang berbeda dibandingkan dengan yang sudah mendapatkan pelayanan. Sehingga hal tersebut bisa menjadi bahan evaluasi kinerja Bareskrim kedepannya. (Red)

- Advertisement -

Latest news

Jokowi Effect Beranjak Naik Pamor PDI Perjuangan

Kabarmetro.id, JAKARTA - Hasil jajak pendapat 4 lembaga survei di awal tahun 2021 menunjukkan kenaikan elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). “Membaca hasil survei dan...
- Advertisement -

Tagline, Desa Cerdas Untuk Purwakarta Istimewa

Kabarmetro.id, PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, terus berinovasi untuk menyesuaikan diri dengan percepatan teknologi komunikasi masa kini....

Warkop Sustainable Coffe Konsep Bisnis Peduli Lingkungan

Kabarmetro.id, MELAWI - Kopi berkelanjutan adalah kopi yang ditanam dan dipasarkan untuk keberlanjutannya. Kopi memiliki sejumlah klasifikasi yang digunakan untuk menentukan partisipasi petani (atau...

Wali Kota Probolinggo Imbau Waspadai Cuaca Ekstrim dan Penyebaran Covid-19

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Pelaksanaan Rakor Penanganan Konflik Sosial di Command Center secara virtual kembali digelar oleh Pemerintah Kota Probolinggo, Kamis (25/2). Gelaran rakor rutin...

Related news

Si Jago Merah Lalap Gudang Prosesing Ikan

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Gudang tempat prosesing ikan yang terletak dikawasan PPP Mayangan Probolinggo, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo sekitar pukul 19:00 WIB, terlihat hangus terbakar....

Gardu Papak Parimono di Jombang

Kabarmetro.id - Sebuah bangunan dengan bentuk menyerupai kubus disebut Gardu Papak yang ada di Dusun Parimono, Desa Plandi, Kabupaten Jombang. Tempat itu menyimpan sejarah...

Wow! Wali Kota Habib Hadi Pinjamkan Mobil Dinas ke Pengantin Baru

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Rasa bahagia yang luar biasa nampak dari raut wajah Martino Wibisono dan Maria Oktavia Natalia. Martino mengaku tak menyangka bakal dipinjami...

Perahu Nelayan Tenggelam Diterjang Ombak Perairan Indramayu

Kabarmetro.id, INDRAMAYU - Perahu nelayan asal Kabupaten Indramayu tenggelam di perairan Indramayu pada Jumat (19/2) sekitar pukul 06.40 WIB. Selain itu, tiga nelayan tradisional asal...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan