Kelompok Tani Binaan Baznas Peroleh Sertifikat PSAT di Sukabumi

Kabarmetro.id – Kelompok petani binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang terdiri dari kelompok tani Sari Alam, Riung Gunung serta Gapoktan Sugih Mukti di Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, memperoleh sertifikat Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dari Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat.

Proses penyerahan sertifikat PSAT dilaksanakan di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat. Sertifikat ini ditandatangani langsung oleh ketua OKKPD Jawa Barat, IR. H. Jafar Ismail, MM dan diserahkan langsung kepada ketua kelompok tani Gapoktan Sugih Mukti, Nasir Hidayat.

BACA JUGA:  Diduga Tidak Mengantongi Ijin RPA di Desa Sagaran

Pendamping program Lumbung Pangan BAZNAS, Syahrul mengungkapkan bahwa Sertifikat PSAT yang berlaku selama 5 tahun ke depan merupakan salah satu penjaminan bahwa produk pertanian telah dinyatakan memenuhi persyaratan keamanan pangan, serta menjadi alat bukti penerapan sistem manajemen mutu dan menjadi jaminan diterimanya produk pangan di pasar domestik dalam negeri.

BACA JUGA:  Kementan Berikan Bantuan Sarana Produksi dan Alsintan Dorong Percepatan Musim Tanam

“Petani binaan BAZNAS telah berjuang merealisasikan proses sertifikasi PSAT selama 4 bulan lebih, pada bulan Oktober 2020 lalu, kelompok tani binaan BAZNAS telah mendapatkan kunjungan inspeksi oleh OKKPD Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat setempat dalam rangka Sertifikasi PSAT beras organik,” ujar Syahrul.

BACA JUGA:  Kopi Sepeda BAZNAS Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi

Harapannya produksi beras organik petani binaan BAZNAS di Kabupaten Sukabumi yang diberi label “Beras Raos” dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk. Selain itu, konsumen dan masyarakat tidak perlu khawatir akan mutu dan keamanan pangan beras organik karena Beras Raos memiliki kode tersendiri untuk menentukan ketelusuran petani beras tersebut. (Red)

 4,808 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *