Baznas Adakan Pelatihan Bagi Pengelola BMD se-Indonesia

Kabarmetro.id – BAZNAS Microfinance adakan pelatihan lanjutan kepada pengelola BAZNAS Microfinance Desa (BMD) se-Indonesia secara virtual, pada 17-18 Desember 2020. Pelatihan kali ini merupakan pelatihan ketiga setelah pelatihan dasar dan lanjutan pada bulan Maret dan Oktober 2019.

Pelatihan dibuka langsung Direktur Utama BAZNAS RI, Arifin Purwakananta dan dihadiri Plt. Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Wahyu T.T Kuncahyo, Kepala Divisi Pendayagunaan Randi Swandaru, Kepala BMFi Noor Aziz, dan perwakilan tim Pendayagunaan BAZNAS, serta seluruh tim BMFi dan BMD se-Indonesia.

BACA JUGA:  Pemkab Purwakarta Tangguhkan Rencana KBM Tatap Muka

Pada penyampaian materi awal, peserta diberikan motivasi melalui Infinity game yang disampaikan oleh Randi Swandaru, yang dilanjutkan dengan materi kedua tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui BMD oleh Noor Aziz. Materi ketiga disampaikan Kepala Bagian Ekonomi Eka Budi Sulistyo terkait teknik penyusunan LFA dan RPA. Pada hari pertama ditutup dengan materi pembiayaan BMD, product knowledge, dan kelayakan usaha yang disampaikan oleh Tim BMFi.

Pada hari kedua, peserta pelatihan diberikan arahan dari anggota BAZNAS RI, Ir. Nana Mintarti, MP tentang BAZNAS dan strategi pemberdayaan. Selain itu juga akan ada materi tentang Laporan Keuangan BMD yang akan diisi oleh Budi Asmita Kepala Divisi Keuangan dan materi tentang Indikator dalam Pemberdayaan Microfinance yang akan disampaikan oleh Kepala Divisi Monitoring dan Evaluasi Dyah R Andayani. Selain itu peserta juga akan diberikan materi tentang teknik pengambilan foto pemberdayaan yang akan disampaikan oleh Kepala Bagian Marketing dan Komunikasi, Budi Margono.

BACA JUGA:  Ketua DPC Ikadin Kota Tasikmalaya Nara Sumber Acara Penyerahan Naskah Kajian Akademik Keppres PNS GTKHNK 35+ Provinsi Jawa Barat

Pada akhir sesi pengelola BMD akan menyusun rencana tindak lanjut dalam pelaksanaan program di tahun 2021. Penyusunan rencana tindak lanjut ini sebagai wujud komitmen terhadap hasil yang didapat dari pelatihan yang diikuti.

BACA JUGA:  Polda Jateng Beri Perhatian Khusus Kepada Mahasiswa Terdampak

Pada tahun ini materi dilangsungkan secara online agar terhindar dari penyebaran Covid -19. Adanya pelatihan ini diharapkan meningkatan kapasitas dan kemampuan bagi para Pengelola BMD dan Pendamping Program dalam pelayanan kepada mustahik. (Red)

 3,678 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *