Baznas Bantu Pemulihan Mustahik Pelaku Usaha Mikro Terdampak Pandemi

Kabarmetro.id – BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Yogyakarta membantu proses pemulihan pelaku usaha mikro terdampak Covid-19 di Dusun Grogol 3, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Awalnya BMD Yogyakarta mengadakan proses sosialisasi pada minggu lalu yang menghasilkan enam mustahik sebagai calon penerima manfaat pembiayaan.

Kemudian pada Selasa (15/12), Tim BMD Yogyakarta mendampingi calon mitra mustahik dalam memenuhi berkas pengajuan pembiayaan. Calon mitra mustahik yang saat ini dalam proses kelengkapan berkas pengajuan merupakan pelaku usaha mikro yang bergerak dalam usaha kuliner, warung kelontong, pedagang ikan, dan pengrajin sablon tas kain dan kresek.

BACA JUGA:  Baznas Latih Mustahik Cara Membuat Kerupuk dari Hasil Perikanan

Menurut pendamping BMD Yogyakarta, Nadia, sebelum adanya Covid-19 sebagian calon mitra mustahik biasa berjualan di taman kuliner Argo Midang, namun di masa pandemi seperti saat ini mereka harus berjualan secara berkeliling. Hal itu tentu membutuhkan biaya dan tenaga yang lebih, dan berdampak pada pendapatan yang diperoleh.

BACA JUGA:  Kabaharkam Polri Kunjungi Perusahaan Pembuat Perlengkapan Pertahanan Dalam Negeri

“Calon mitra mustahik merupakan pelaku usaha mikro yang saat ini mengalami dampak ekonomi Covid-19, sehingga hasil yang didapat saat ini menurun,” kata Nadia.

BACA JUGA:  Jeritan Anak Negeri Di Tanah Penghasil Komoditi Gambir

Maka, dengan adanya fasilitasi pembiayaan ini diharapkan mampu menjadi suntikan pemulihan kondisi usaha di masa pandemi Covid-19. Selain fasilitasi pembiayaan, mitra mustahik akan diberikan pendampingan dan pelayanan pengembangan usaha. (Red)

 24 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *