Indonesia Peringkat 60 Dalam Penanganan Corona

Kabarmetro.id, JAKARTA – Sebuah survei ‘Global Soft Power Index’ terbaru memuat tentang penanganan negara-negara terhadap corona (Covid-19). Hasilnya, dari 105 negara, Indonesia berada di peringkat ke 60.

Dalam rilisnya, Brand Finance mencatat net index score RI adalah 8%. Indonesia secara urutan, berada di posisi 60, di bawah Uganda dan Vietnam, yang ada di peringkat 58 dan 59.

Namun RI ada di atas Mesir, Chile dan Pakistan. Tiga negara itu masing-masing berada di posisi 61,62 dan 63 dengan skor 7%.

BACA JUGA:  Polres Majalengka Polda Jabar Imbau Prokes dan Sosialisasikan 3M

Sementara itu, negara dengan penanganan corona terbaik jatuh ke Selandia Baru. Negara pimpinan Perdana Menteri Jacinda Ardern itu mendapat skor 43%.

Sedangkan untuk posisi terakhir adalah Amerika Serikat (AS). Negeri yang dipimpin Presiden Donald Trump itu mencetak skor minus 16%.

Survei ini sendiri dilakukan pada 75.000 responden masyarakat umum dan 750 spesialis. Mereka ditanyai tentang penanganan Covid-19 di negara-negara tersebut, mulai dari ekonomi, kesehatan, kesejahteraan serta bantuan dan kerja sama internasional.

BACA JUGA:  Waka Polres Majalengka Polda Jabar Sosialisasikan 3M Prokes

“Perbedaan mencolok antara persepsi publik tentang bagaimana Selandia Baru dan AS menangani pandemi, melambangkan visi dunia yang kontras antara kedua negara, yang dipelopori oleh para pemimpin yang hampir berseberangan,” kata CEO Brand Finance David Haigh, dalam rilis yang diterima, Jumat (18/12).

“Di satu sisi, kami memiliki kebijakan Ardern yang terbuka, liberal, dan penuh kasih versus pendekatan Trump yang seringkali agresif, proteksionis, dan isolasionis. Dengan Presiden Terpilih Joe Biden bersiap untuk mengambil kendali tahun depan, semua mata akan tertuju padanya untuk memulai pemulihan di seluruh negeri.”

BACA JUGA:  Kabupaten Melawi Zero Pandemi Covid - 19

Berikut 10 besar negara dengan penanganan terbaik corona: 1. Selandia Baru (43%); 2. Swiss (42%); 3. Jepang (41%); 4. Kanada (39%); 5. Jerman (39%); 6. Finlandia (38%); 7. Norwegia (38%); 8. Singapura (37%); 9. Denmark (37%); dan 10. Korea Selatan (37%). (Red)

 26 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *