Baznas Kembangkan Bank Sampah Perkuar Ekonomi Mustahik

Kabarmetro.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengembangkan program bank sampah sebagai upaya memperkuat ekonomi mustahik, program ini dikembangkan di Desa Selang, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Kerja sama dilakukan antara BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Yogyakarta dengan Komunitas Jaringan Pengelola Sampah Masyarakat (JPSM) Karangmojo dalami kolaborasi sebagai upaya penguatan ekonomi pengelola Bank Sampah yang saat ini terdampak Covid – 19.

BACA JUGA:  Jajaki Kerjasama YPSPN dengan Pengusaha Nasional

Pendamping BMD Yogyakarta, Nadia mengatakan, tim BAZNAS Microfinance Desa Yogyakarta adakan sosialisasi program kepada masyarakat di Desa Selang, Gunung Kidul, DIY. Dalam sosialisasi kali ini Tim BMD menemui anggota pengelola bank sampah yang ada di Desa Selang, Gunung Kidul, Yogyakarta.

“Kedepan kami akan berkolaborasi bersama komunitas Bank Sampah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pengelola Bank Sampah di Gunung Kidul, komunitas bank sampah akan fokus dalam pengelolaan lingkungan dan kami akan memperkuat usaha yang dijalani pengelola bank sampah,”jelas Nadia

BACA JUGA:  Kembangkan Bank Sampah dan Ketahanan Pangan, Kabaharkam Polri Support Modal Petani Kota Medan

Nadia juga menjelaskan salah satu kolaborasi yang akan dilakukan adalah penguatan modal usaha pengusaha warung kelontong yang juga pengelola bank sampah. Nantinya masyarakat yang akan membeli di warung bisa membayar dengan menukarkan sampah yang dikumpulkan.

BACA JUGA:  Tundra : Pemerintah Bisa Meraup Rp 5,6 T Dengan Mengeluarkan Uang Baru Pecahan Rp 75 Ribu Dalam Bentuk Suvenir

“Nantinya masyarakat bisa menukarkan sampahnya dengan belanjaan, nanti jika ada sisa bisa dibayarkan dengan uang,” jelas nadia.

Kolaborasi ini diharapkan mampu meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat Gunungkidul melalui fasilitasi pembiayaan dan pengembangan usaha. Adanya penguatan ekonomi diharapkan mampu dibarengi dengan meningkatnya semangat masyarakat dalam menjaga lingkungan melalui bank sampah. (Red)

 26 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *