Baznas Dorong Pengembangan Peternak Muatahik di Bogor

Kabarmetro.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mendorong para peternak mustahik mengembangkan usaha peternakannya untuk bisa menjadi peternak yang mandiri dan sukses.

Kepala Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS, Deden Kuswanda mengatakan, para peternak mustahik yang tergabung dalam program pemberdayaan Balai Ternak BAZNAS Bogor, saat ini tengah mempersiapkan pendirian kelembagaan lokal yang akan menunjang program pengembangan semua usaha peternakan kelompok peternak mustahik.

BACA JUGA:  Jeritan Anak Negeri Di Tanah Penghasil Komoditi Gambir

“Adapun kelembagaan lokal ini merupakan salah satu visi utama dari program pemberdayaan peternak yang dilakukan BAZNAS yaitu mewujudkan kemandirian secara lembaga serta peningkatan pendapatan,” katanya.

BACA JUGA:  Kini Beras Organik Hasil Petani Binaan Baznas Gunakan Kode Produksi di Sukabumi

Kelembagaan lokal yang akan didirikan yaitu koperasi konsumen peternak. Koperasi ini nantinya akan menjadi sarana bagi peternak mustahik dalam memasarkan produk, manajemen usaha, dan pengembangan usaha secara bersama-sama melalui lembaga lokal yang memiliki legalistas hukum yang jelas.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah melakukan kunjungan ke Dinas Koperasi Kabupaten Bogor pada 4 Desember 2020, yang diwakili Sunarya selaku pendamping program dan Ade sebagai perwakilan peternak mustahik. Pada kesempatan itu, sudah mulai mempersiapkan rancangan pengembangan usaha koperasi yang akan dijalankan nantinya. (Red)

 3,945 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *