Usai Habib Rizieq, Polisi Buru Penyebar Video Hoaks Penembakan 6 Laskar FPI

Kabarmetro.id, JAKARTA – Polri menginstruksikan kepada seluruh polda untuk memproses penyebar video hoax yang menarasikan insiden penembakan enam pengikut Habib Rizieq Shihab di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek.

“Dari Bareskrim Polri sudah memberikan kepada polda jajaran untuk seluruh berita hoax yang tidak benar di polda-polda dan Mabes Polri akan kita proses semuanya,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (11/12).

Menurutnya, Tim Siber Polri nantinya yang akan menyelidiki video hoax yang beredar tersebut. Penindakan, kata Argo, dilakukan agar tidak ada lagi berita bohong yang meresahkan masyarakat. “Sudah ada Bareskrim Polri, cyber crime, dan polda-polda sudah kita instruksikan untuk mencari kalau memang ada hoax kita proses. Untuk kasus yang selama ini ada, biar nggak buat masyarakat ketakutan, biar informasi itu sendiri tidak salah, semuanya kita proses,” tuturnya.

BACA JUGA:  Kapolres Baru Melawi Jalin Silahtuhrahmi dengan Awak Media

Sebelumnya, sebuah video beredar di media sosial (medsos) yang narasinya dikaitkan dengan peristiwa penembakan enam pengikut Habib Rizieq di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek. Narasi tersebut dinyatakan tidak benar alias hoax.

BACA JUGA:  Polda Sumbar Buka Penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS), Ini Syaratnya

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyebut pihaknya telah melakukan pengecekan melalui Dittipid Siber Bareskrim Polri. Menurut Awi, peristiwa itu terjadi di Kolombia. “Info dari Dit TP Siber, di Kolombia itu,” kata Awi kepada wartawan, Rabu, 9 Desember 2020.

Awi tak merinci lebih detail terkait video penembakan tersebut. Namun dia meminta masyarakat tak mudah percaya terhadap informasi-informasi yang belum teruji kebenarannya. “Kalau dapat posting-an dari medsos, saring dulu sebelum share, cross-check dulu, tanyakan kepada yang kompeten,” katanya.

BACA JUGA:  Pimpin Apel,Kapolres Indramayu Sampaikan Ucapan Terimakasih

Dalam video itu terlihat ada seorang pria berbaju dan bertopi hitam menembak dua orang pria. Video tersebut hanya berdurasi 5 detik. Terdengar beberapa kali letusan tembakan yang diarahkan ke tubuh dua korban.

Awalnya, pria berbaju dan topi hitam menembak dada seorang pria berbaju abu-abu. Sementara itu, pria satu lagi ketika hendak lari juga ditembak dari belakang. Mendapat serangkaian tembakan, dua orang pria yang menjadi korban itu langsung terkapar. (Red)

 66 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *