Presiden Jokowi: Upaya Pemerintah Tuntaskan HAM Masa Lalu Secara Bijak dan Bermartabat

Kabarmetro.id, JAKARTA – Pilar penting bagi bangsa Indonesia yang beradab, tangguh dan maju maka dari itu pemerintah memiliki komitmen besar terhadap penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak asasi manusia (HAM).

Dalam sambutan secara virtual untuk Peringatan Hari Hak Asasi Manusia. “Pemerintah juga selalu berupaya untuk menuntaskan masalah HAM masa lalu secara bijak dan bermartabat,” kata Jokowi. Kamis (10/12).

Jokowi mengajak seluruh pihak untuk bekerja sama demi kemajuan bangsa. “Kita harus bekerja sama menyelesaikannya dan mencurahkan energi kita untuk kemajuan bangsa.”

BACA JUGA:  Dirjen Pajak Berikan Penghargaan 5 Desa di Kota Pariaman

Menkopolhukam ditugaskan oleh Presiden agar penyelesaian masalah HAM masa lalu terus dilanjutkan sehingga hasilnya bisa diterima semua pihak serta bisa diterima dunia internasional.

Pemerintah berkomitmen kuat dalam penegakan HAM telah dituangkan dalam Rencana Aksi Nasional HAM 2020-2025. Hak sipil, politik, ekonomi, sosial, serta budaya harus dilindungi secara berimbang dan tidak ada satupun yang terabaikan.

BACA JUGA:  Menristek: Inovasi Jadi Solusi dan Lepas Ketergantungan Impor

Kepala Negara dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komnas HAM dan para pegiat HAM yang terus aktif berperan dalam meningkatkan kesadaran HAM di tengah masyarakat, sekaligus mengajak seluruh pihak untuk turut berperan aktif dalam menghormati hak-hak dan menjadi penanggung jawab atas terpenuhinya hak-hak pihak lain.

“Dengan meningkatkan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan HAM maka kita menjadi bangsa yang lebih beradab, tangguh, dan maju,” tandasnya.

BACA JUGA:  Korem 043 Garuda Hitam : Bijak dalam penggunaan media sosial( Medsos)

Di tengah pandemi saat ini, Jokowi mengatakan bahwa seluruh pihak harus terus bekerja keras untuk menghambat penyebaran virus, mengobati yang sakit, mencegah kematian, dan memberikan bantuan ekonomi bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak.

Presiden Jokowi juga mengimbau seluruh pihak untuk menjaga agar pandemi tidak memperburuk upaya pemenuhan hak asasi masyarakat. (Red/FA)

 2,942 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *