Motif Pencemaran Lingkungan PT RWK, DPRD Sambas Turun Lapangan Bersama Elemen

Kabarmetro.id, SAMBAS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sambas kembali melakukan sidak lapangan bersama elemen pemerintah daerah terkait, LSM, penggiat lingkungan dan mahasiswa terkait dugaan pencemaran lingkungan yang berasal dari limbah perusahaan sawit PT. Rana Westu Kencana (RWK). Selasa (8/12).

Pada sidak sebelumnya (2710), Anggota DPRD kabupaten Sambas di PT. RWK, menemukan tumpukan Jangkos di areal perkebunan sawit dekat dengan Resapan air yang mengakibatkan Warna Air Menjadi Hitam berbusa, mengeluarkan aroma bau yang begitu menyengat, tidak hanya itu, ditemukan beberapa titik aliran air mengalami perubahan warna menjadi hitam.

BACA JUGA:  Jajaran Polres Sukabumi Kota Bersama Forkopimda Gencar Ops Yustisi Gabungan dan Edukasi Proked

Anggota DPRD Kabupaten Sambas Komisi II, Ahmad Hapsak Setiawan mengatakan bahwa pada saat sidak di lapangan yang kesekian kalinya masih ditemukan pembuangan jungkos yang sebelumnya sudah diminta untuk dihentikan.

BACA JUGA:  Komunitas Pemuda "Akar Tunggang" Manfaatkan Lahan Pertanian di Masa Pandemi

“Sidak hari ini kembali kami temukan limbah jangkos yang sebelumnya sudah kami tegaskan kepada pihak perusahaan untuk menghentikan pembuangan limbah diareal yang sangat dekat dengan anak sungai tersebut. Dan air yg mengandung lindi jankos sawit walaupun sudah di buat tanggul tapi masih di alirkan ke anak sungai”, sampainya.

BACA JUGA:  Kementerian PUPR Targetkan Pembangunan 2.724 Km Ruas Tol Baru Hingga Tahun 2024

Dengan temuan tersebut, DPRD Kabupaten Sambas Komisi II, Hapsak mengatakan, akan segera memanggil pihak perusahaan, untuk menjelaskan kondisi yang ditemukan dilapangan. (Rian)

 39 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *