Covid Hunter Tegas Tindak Tegas Pelanggar Prokes

Kabarmetro.id, JAKARTA – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachaman dan Sekda DKI Jakarta Sri Haryati melaunching Tim Pemburu Covid-19 di Halaman Promoter Ditlantas Polda Metro Jaya, Jumat (4/12).

Tim Pemburu Covid-19 berfungsi sebagai penindak disiplin masyarakat yang nekat melanggar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Fadil Imran menyatakan Tim Pemburu Covid-19 tegas akan menindak masyarakat pelanggar protokol kesehatan.

“Polda Metro Jaya, beserta Kodam Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bertekad berkolaborasi bersama-sama untuk melalukan penegakan hukum kepada pelanggar protokol kesehatan. Ini adalah wujud nyata dari strategi preventive strike,” ujar Fadil.

“Jadi kalau ada kerumunan, kalau ada tindakan-tindakan awal yang akan menyebabkan kerumunan, maka tim ini akan bekerja. Kami tidak akan menunggu masalah, tapi sebelum terjadi masalah maka tim ini akan turun,” tegasnya.

Pangdam Jaya Mayjen Dudung menjelaskan bahwa Tim Pemburu Covid-19 ini dibentuk untuk melakukan pengawasan dan penindakan terhadap masyarakat pelanggar protokol kesehatan.

BACA JUGA:  Polda Jabar Periksa 10 Orang Terkait Pelanggaran Prokes di Megamendung Bogor

“Sebagaimana kita ketahui pandemi Covid-19 yang melanda negara kita lebih dari 9 bulan ini telah membuat aktivitas kita menjadi terbatas dan sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat baik di bidang kesehatan, ekonomi maupun sosial. Meskipun angka kesembuhan di wilayah hukum Polda Metro Jaya ini tergolong cukup tinggi namun angka positif Covid-19 juga sangat tinggi selama dua minggu terakhir,” ujar Mayjen Dudung.

“Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta telah melakukan langkah-langkah promotif dan preventif secara maksimal dalam penanganan Covid-19, namun beberapa minggu yang lalu masih ada kegiatan-kegiatan masyarakat yang menimbulkan kerumunan dan masyarakat yang kurang disiplin menerapkan protokol kesehatan, oleh karena itu Polda Metro Jaya melakukan Straight dengan intervensi sendiri, mungkin setiap kegiatan masyarakat yang menimbulkan kerumunan dan tidak menerapkan protokol kesehatan selain itu.”

“Polda Metro Jaya inisiasi tim penanganan Covid-19 yaitu tim Pemburu Covid-19 yang bertugas untuk melakukan penegakan disiplin pelanggaran protokol kesehatan, bergerak berdasarkan analisis data Covid-19 dari gugus tugas berdasarkan analisis laporan informasi terkait dengan pelanggaran protokol kesehatan.”

BACA JUGA:  Mutasi Kepala KUA Pencatat Pernikahan Putri Rizieq Jadi Penghulu di Jakarta Pusat

“Apabila ditemukan pelanggaran protokol kesehatan terutama adanya kerumunan maka Tim Pemburu Covid-19 langsung melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan oleh personel gabungan Polri, TNI dan Satpol PP. Jadi kita berharap nanti Tim ini jangan pernah ragu-ragu, jangan pernah takut, kalau untuk menegakkan hukum untuk menekan jumlah penderita Covid-19 ini jangan pernah ragu. Korban sudah berjatuhan, semakin banyak kasihan rakyat kita jangan sampai ada orang-orang yang tidak paham kemudian mengadakan perkumpulan-perkumpulan, yang menjadi korban adalah rakyat sendiri. Ini harus saya minta Jangan pernah ragu Jangan pernah takut, karena keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi, itu yang dipegang Teguh,” ujar Dudung.

“Salus Populi Suprema Lex Esto, keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi suatu negara,” tegas Pangdam Jaya.

Plt. Sekda Sri Haryati menjelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta siap mendukung Tim Pemburu Covid-19.

BACA JUGA:  Akhirnya IMB Dibekukan PT PAU Tidak Bisa Meneruskan Pembangunan Gedung

“Alhamdulillah hari ini kita bersama-sama dapat berkumpul di acara launching tim pemburu Covid-19, saya mewakili Gubernur DKI Jakarta dan atas nama pemerintah Provinsi DKI Jakarta apresiasi dan menyambut baik Kapolda Metro Jaya beserta jajaran dalam membentuk dan meluncurkan tim pemburu Covid-19 untuk memerangi penyebaran wabah Covid-19 khususnya di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya,” ujar Sri.

Lanjutnya, “Tim pemburu Covid-19 ini untuk meningkatkan kepatuhan di masyarakat sehingga angka penyebaran bisa lebih kita kendalikan, kami tentunya seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta mulai dari Dinas Kesehatan dan beserta Walikota, Camat, Lurah dan seluruh aparat pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mendukung sepenuhnya program Tim Pemburu Covid-19 ini dengan sebaik-baiknya, selamat bekerja Semoga semua yang dilaksanakan dimudahkan oleh Allah SWT dan upaya yang kita lakukan bersama dapat juga dimudahkan dalam rangka pengendalian Covid-19 di DKI Jakarta,” ujarnya. (Adit)

 257 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *