Wow! Gratis Diberikan Puskesmas Kramat Jati Gelar Skrining HIV/AIDS dan Sifilis

Kabarmetro.id, JAKARTA – Dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia, Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur menggelar pemeriksaan gratis untuk warganya. Empat jenis pemeriksaan disiapkan untuk warga hingga 20 Desember mendatang.

Sebagai penanggung jawab kesehatan, Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Inda Mutiara mengatakan, pada peringatan hari Aids Sedunia 1 Desember ini, pihaknya menyiapkan empat jenis pemeriksaan gratis untuk warga khususnya yang bermukim di Kramat Jati.

BACA JUGA:  Edukasi Anak-anak di Pesisir Bagian Giat Sat Polair Polres Subang

“Ada skrining HIV, Sifilis, Hepatitis C, dan rapid test Covid-19. Skrining pemeriksaan ini dibuka setiap hari Senin-Jumat,” kata Inda, Selasa (1/12).

Iamelanjutkan, warga yang hendak mengikuti empat pemeriksaan gratis, bisa langsung datang ke Puskesmas Kecamatan Kramat Jati pada pukul 08.00-12.00. Warga pun cukup membawa persyaratan fotokopi KTP dan petugas Puskesmas bakal mengarahkan warga mengikuti pemeriksaan sesuai yang diinginkan.

BACA JUGA:  Patroli Jalan Kaki, Kapolres Banjar Susuri Jalan Letjen Suwarto Imbau 3M + 1T

“Petugas kami sudah bersiap mengarahkan warga,” ujarnya.

Inda mengatakan, Untuk pemeriksaan rapid test, hasilnya tidak akan langsung diberikan ke warga. Pihaknya akan langsung mengarahkan warga yang reaktif, untuk selanjutnya mengikuti swab test sebagai lanjutan.

“Jadi hasil print-nya kami rahasiakan. Dan kalau ada yang reaktif akan langsung diarahkan ke pemeriksaan lanjutan,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Pengamanan Pendistribusian BST-Kemensos Polres Subang Laksanakan Giat

Bagi warga yang memiliki pertanyaan, Inda menambahkan terkait kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini, bisa menghubungi Lungguh di nomor 082221527036. Terlebih, pada Minggu (6/12) pihaknya juga akan mengadakan web binar terkait penggunaan antiretroviral (ARV).

“Dalam kegiatan ini terkait kepatuhan mengkonsumsi ARV dan upaya penghapusan stigma terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA),” tukasnya. (Red)

 4,006 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *