Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan Untuk Mustahik Usaha Mikro di Lombok Barat

Kabarmetro.id, Lombok Barat – Baznas Microfinance Desa Gunungsari terus berupaya dalam meningkatkan kapasitas Mitra Mustahik dalam mengembangkan usahanya. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan manajemen keuangan usaha mikro yang digelar hari Selasa (17/11). Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatan literasi keuangan dan kemampuan mitra dalam pengelolaan usaha.

Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi & UKM NTB Drs.H. Wirjaya Kusuma,MH, Ketua BAZNAS NTB Dr.TGH M.Said Ghazali, MA dan Ketua BAZNAS Kabupaten Lombok Barat TGH. Azhar Rosyidi, Mpd.

BACA JUGA:  Pelaku Usaha Berharap Himbauan Presiden Penundaan 1 Tahun Pembayaran Kredit Memiliki Payung Hukum

Dalam sambutannya Kepala Dinas Koperasi & UKM NTB, Drs H. Wirjaya Kusuma menyampaikan apresiasi atas program bantuan permodalan yang dijalankan BAZNAS melalui BAZNAS Microfinance Desa Gunungsari.

Dr.TGH M.Said Ghazali Ketua BAZNAS Kabupaten Lombok Barat dan BAZNAS Provinsi NTB juga menyampaikan adanya pelatihan ini menjadi bukti BAZNAS Microfinance Desa Gunungsari memiliki concern untuk peningkatan kapasitas pengelolaan usaha yang dijalankan, selain adanya pendampingan rutin yang sudah dijalankan selama ini.

“Selain adanya pendampingan rutin yang sudah dijalankan selama ini, adanya pelatihan ini menjadi bukti BAZNAS Microfinance Desa Gunungsari memiliki concern untuk peningkatan kapasitas pengelolaan usaha yang dijalankan,” ungkap Dr.TGH M.Said Ghazali.

BACA JUGA:  Musyawarah Desa Kepengurusan Bumdes Sumuradem periode 2020-2024

Pelatihan kali ini diisi oleh Akbar Moujaid Pengusaha dan Trainer UMKM. Dalam materinya Akbar menyampaikan materi pengantar terkait membangun mindset menjadi pengusaha dan motivasi dalam membangun usaha. Kemudian materi inti yaitu terkait manajemen usaha dan pembukuan usaha.

“Salah satu problem klasik para pelaku usaha mikro yaitu masih belum teredukasi dengan baik para pelaku usaha mikro untuk melakukan pencatatan keuangan harian,” ujarnya.

BACA JUGA:  Produksi Pakan Silase Buat Konsumen di Lampung Tengah

Akbar menjelaskan perlu adanya tahapan penjelasan agar bisa ditanamkan pentingnya pengelolaan dan pencatatan keuangan usaha yang baik agar usaha yang dijalankan dapat berkembang dengan maksimal.

Sabrun Jamil selaku Manajer BAZNAS Microfinance Desa Gunungsari menyampaikan antusiasme peserta untuk ikut agenda pelatihan ini cukup tinggi. Harapannya setelah pelatihan ini mitra mustahik yang hadir dapat membuat laporan. (Red)

 3,746 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *