Rakor Konsep dan Implementasi Pengarusutamaan Gender di Majalengka

Kabarmetro.id, Majalengka – Satu pandangan presepsi kembali mengenai konsep PUG dan implementasinya dilapangan, Pemda Majalengka dalam hal ini Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Majalengka menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG), kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Sekda, bertempat di Convention Hal Hotel Fitra, Juma’t (13/11).

Hadir pada kegiatan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda 1), Kepala Bagian Kesra, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka beserta para Kepala OPD lainnya, para Camat, serta tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:  Ambulance Gratis Untuk Paguyuban Pasundan, Bentuk Komitmen Walikota Layani Masyarakat

Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, Drs. H. Eman Suherman, M.M dalam sambutannya mengatakan, bahwa secara umum PUG berkepentingan untuk melindungi hak asasi setiap insan baik laki-laki maupun perempuan sesuai dengan kodratnya jadi tidak ada lagi kesalahpahaman bahwa PUG hanya berkepentingan kepada kaum perempuan. Implementasi PUG disetiap instansi dan masyarakat tentunya mempunyai orientasi kepada terwujudnya keadilan gender dan kesetaraan gender.

BACA JUGA:  HMI Komisariat Sospol Unila Gelar Maperca Akbar

“Seyogyanya acara ini dapat memperkuat langkah dan pemahaman terhadap berbagai isu gender di masyarakat seperti marjinalisasi dan sub organisasi gender,” ucap Sekda

Lanjut Sekda, perwujudan implementasi PUG disetiap lembaga dan masyarakat tentunya harus bermula dari perwujudan perencanaan dengan presfektif gender selanjutnya adalah pengintegrasian gender dalam pembangunan sektor terkait, dan penganggaran berpersfektif gender, terkait hal ini salah satu indikator sederhana adalah seberapa besar keterlibatan laki-laki dan perempuan secara proporsional dalam kegiatan pembangunan.

BACA JUGA:  Wabup Rejang Lebong Lantik Pejabat Struktural

“Saya mengharapkan semua pihak dapat membangun komitmen bersama terhadap implementasi PUG disetiap lembaga, mari kita rumuskan bersama berbagai program pendukung, monitoring implementasi program serta selalu evaluasi berbagai hasil program dilapangan,” pungkas Sekda. (Topik)

 28 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *