Presiden Jokowi Anugerahi Kapolri Pertama Almarhum Jenderal RS Soekanto Tjokrodiatmodjo Gelar Pahlawan Nasional

Kabarmetro.id, Jakarta – Almarhum Jenderal RS Soekanto Tjokrodiatmodjo yang merupakan Kapolri pertama mendapat anugerah gelar Pahlawan Nasional dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penganugerahan Pahlawan Nasional ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 117 TK Tahun 2020 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Gelar pahlawan diberikan kepada 6 tokoh nasional lainnya, dimana Jenderal RS Soekanto telah berjasa dengan membentuk struktur serta watak dasar Polri.

Irjen Argo Yuwono Kadiv Humas Polri mengaku, Polri dan keluarga besarnya merasa bangga dengan gelar pahlawan yang diberikan Presiden Jokowi.

BACA JUGA:  Suar Institute Bekerjasama dengan WWF Indonesia Adakan Kompetisi Film Dokumenter Kontribusi FPB terhadap SDGs

“Jenderal polisi RS Soekanto Tjokrodiatmodjo adalah Bapak Kepolisian Negara RI. Beliau sebagai peletak dasar struktur, watak, falsafah Polri,” kata Argo, Selasa (10/11).

RS Soekanto meletakkan struktur, watak dan falsafah kepolisian nasional sebagai sebuah negara merdeka dan berdaulat di tengah ancaman integritas RI di masa revolusi, perang, dan pergolakan internal dalam negeri.

BACA JUGA:  Dibuai Kerja EO Malah Jadi Pembantu

Jenderal RS Soekanto memang bagian dari perjalanan sejarah bangsa bangsa, tutur Argo.

“Keberadaan sosok RS Soekanto sebagai tokoh bangsa ini tampak jelas dari pergumulannya dengan lingkungan diri dan dialognya dengan sejarah,” tukasnya.

Presiden Jokowi di Istana Negara mengumumkan gelar pahlawan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden tadi pagi. Keenam tokoh yang mendapat penghargaan adalah

Alm Sultan Baabulah – Tokoh dari Provinsi Maluku Utara, Alm Machmud Singgirei Rumagesan Raja Sekar – Tokoh dari Provinsi Papua Barat, Alm Jenderal Polisi Purnawirawan Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo – Tokoh dari Provinsi DKI Jakarta

BACA JUGA:  Sat Lantas Polres Ciamis Polda Jabar Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya Tahun 2020

Kemudian Alm Arnold Mononutu – Tokoh dari Provinsi Sulawesi Utara, Alm Mr Sultan Muhammad Amin Nasution – Tokoh dari Provinsi Sumatera Utara dan Alm Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen bin Adi – Tokoh dari Provinsi Jambi.(rls)

 29 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *