Yayasan Pengelola Sarana Pers Nasional (YPSPN), Umumkan Penngurus Baru

Kabarmetro.id, Jakarta – Keberadaan dan Kedudukan Yayasan Pengelola Sarana Pers Nasional (YPSPN), tidak bisa dilepaskan dari peran Bapak Ali Murtopo selaku Menteri Penerangan RI di era Presiden Soeharto dan Bapak H. Harmoko selaku Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). H.Harmoko saat itu mengusulkan kepada Menteri Penerangan RI agar dibuatkan suatu Gedung untuk insan Pers dan usulan tersebut mendapat respon positif dari Pemerintah melalui Bapak Ali Murtopo, selaku Menteri Penerangan RI saat itu.

Hadirnya Gedung berlantai 8 di bilangan Kebon Sirih, Jakarta Pusat berkat bantuan Assosiasi Importir Film Mandarin. Bangunan yang saat ini menjadi Gedung Dewan Pers ini boleh dikatakan pemberian Assosiasi Importir Film Mandarin. Pada tanggal 1 Maret 1982 Gedung berlantai 8 (delapan) ini diresmikan oleh Bapak Presiden Soeharto, dengan nama Gedung Dewan Pers.

Setelah diadakan serah terima dari Assosiasi Importir Film Mandarin kepada Bapak Ali Moertopo selaku Menteri Penerangan RI, selanjutnya Gedung ini diserah terimakan kepada Bapak BM Diah selaku Ketua Harian Dewan Pers.
Agar penataan dan perawatan gedung terselenggara dengan baik maka pengelolaan Gedung Dewan Pers diserahkan oleh Bapak BM. Diah selaku Wakil Ketua PWI kepada Yayasan Pengelola Sarana Pers Nasional (YPSPN).

BACA JUGA:  Momen Kebersamaan TNI Polri dan Pemda Penanganan Covid-19

Yayasan Pengelola Sarana Pers Nasional berdiri berdasarkan Akta Notaris Nomor 16, tanggal 19 Pebruari 1982, dengan Notaris Tan Thong Kie, dimana disebutkan bahwa Badan Pendiri Yayasan adalah sekaligus merangkap Badan Pengelola Sarana Pers Nasional. Pengurus Yayasan Pengelola Sarana Pers Nasional (YPSPN) telah berkali kali mengalami pergantian kepengurusan, dimana yang tetap bertahan dan eksis, selalu ada hingga saat ini adalah Widodo, SH.

Sebagai mantan pejabat Departemen Penerangan Widodo. SH saat itu tercatat sebagai Bendahara Yayasan berdasarkan SKEP Menteri Penerangan RI Nomor 268 A/KEP/MEMPEN/1995 tentang Pengangkatan Sekretaris Yayasan Pengelola Sarana Pers Nasional, maka terhitung sejak tanggal 07 Mei Tahun 2000, dimana Ketuanya adalah Drs. Subrata, Wakil Ketua Drs. Jacob Oetama, Sekretaris Zulharman Said.

BACA JUGA:  Kementerian Tenagakerjaan Kunjungi Pembangunan BLK Komunitas Ponpes Nahdhotul Mubtadiin Al-Islamy Indramayu

Berdasarkan Akta Notaris Nomor 64 Tahun 2017, SK. Kemenkumham RI Nomor AHU-0006258.AH.01.04. Tahun 2017, Akta Perubahan Nomor 83 Tahun 2020 & SK. perubahan Kemenkumham RI, maka Pengurus Yayasan mengalami perubahan dengan komposisi sebagai berikut: Chevi Rasjid Ridho, SH (Ketua), Dr.Nunung Rusmiati, M.Si (Wakil Ketua), Ir.Tundra Meliala, MM (Sekretaris), Ir.Laode Budi (Wakil Sekretaris), Halim Shahab, SH,.MBA (Bendahara), Sahid Rahmadian, SH,.LLM (Wakil Bendahara 1), Hj.Jamilah Kesuma, SH (Wakil Bendahara 2), Pengawas: H.M. Anas Effendi, SH, MM (Ketua), Frans Xaverius Watu, AMA. SE (anggota), Darmawan Yusuf, SH, SE, MPd, MH, CTLA, Mediator (anggota), Pembina: Widodo, SH (Ketua), Hj.Sri Ratnawati, SE (anggota), Pontas Silalahi, SE, SH, MH, CCD, CMLC, Mediator (anggota).

BACA JUGA:  Brimob Polda Sumut Lakukan Patroli Cipta Kondisi di Malam Hari Guna Cegah Kriminalitas

Sesuai dengan Visi & Misi Yayasan Pengelola Sarana Pers Nasional (YPSPN), selain sebagai pengelola Gedung Dewan Pers, Yayasan juga membantu dan mendukung program-program pemerintah, insan pers, program Kementerian Informasi dan Komunikasi (Infokom) dan program Dewan Pers, selain menjalankan program progam Sosial & lainnya.

“Saya mau meluruskan agar diketahui oleh masyarakat dan insan pers bahwa Yayasan Pengelola Sarana Pers Nasional (YPSPN) tidak mendapatkan bantuan dari Pemerintah dan dari pihak manapun hingga saat ini,” tegas Ketua Dewan Pembina YPSPN Widodo,SH.

Selama ini kita mandiri, mengoptimalkan potensi yang ada di gedung tersebut, dan kedepan kita berharap agar gedung ini ditata kembali sehingga bisa lebih berdaya guna, timpal Ketua Yayasan Chevi Rasyid di bilangan Antasari, Jakarta Selatan. (Red)

 3,208 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *