UMKM Class Online Baznas : Kreativitas Berbisnis di Era New Normal

Kabarmetro.id – Kelas online pengembangan pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19 telah banyak dilaksanakan oleh Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) Baznas sebagai bentuk pendampingan online para pelaku usaha di Indonesia.

Kali ini, LPEM Baznas melangsungkan kegiatan UMKM Class Online dengan tema “Kreativitas Berbisnis Menghadapi Era New Normal” melalui siaran langsung Youtube BAZNAS TV, pada Jumat (6/11).

LPEM Baznas mengundang seorang pakar mentor wirausaha dari Universitas Prasetya Mulya yakni M. Setiawan Kusmulyono yang sering disapa Mas Kelly. Selain menjadi mentor wirausaha, beliau juga aktif sebagai fasilitator nasional dan pengajar kewirausahaan. Dikutip kabarmetro.id dari baznas.go.id

BACA JUGA:  Lestarikan Budaya, Pigeon Buat Botol Bermotif Batik

Dalam penyampaiannya, Mas Kelly mengawali dengan membuka mindset bisnis di era new normal serta bisnis apa saja yang mampu bertahan di masa Covid-19.

“Dengan mengobservasi masyarakat pada situasi yang terjadi di Indonesia karena masyarakat adalah konsumen kita, jika gagal dalam mengobservasi akan terjadi penurunan usaha bahkan dapat gulung tikar,” jelas Mas Kelly.

BACA JUGA:  Dialog Bersama Komisi VII DPR RI Paramitha

Mas Kelly mengungkapkan beberapa tips memenuhi kebutuhan konsumen di era new normal ini yakni salah satunya pada produk makanan dengan memudahkan konsumen dalam menperoleh dan keamanan saat menikmati produk makanan kita. Mas Kelly dalam paparannya menyampaikan beberapa tips.

“Kebanyakan sales marketing produk ingin penjualan yang instan, segera mungkin closing, menganggap pemasaran sebagai beban serta kurang menyadari pentingnya branding, hal tersebut yang dapat membuat menurunnya pendapatan usaha,” ujarnya.

BACA JUGA:  Harga Karet Bokar Alami Tren Kenaikan

Ada berbagai banyak tips lainnya yang disampaikan Mas Kelly dalam penyampaian kreativitas berbisnis di era new normal dapat langsung mengunjungi siaran ulang di channel Youtube BAZNAS TV.

Dengan adanya UMKM Class Online diharapkan dapat meningkatkan perkembangan usaha mustahik. Tak hanya dari segi pemasaran tapi juga sertifikasi produk hingga meningkatnya pendapatan omset usahanya.(Red)

 205 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *