26.1 C
Jakarta
Sabtu, Desember 4, 2021

Sample Page Title

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, Jakarta – Di masa pandemi COVID-19, maskapai penerbangan harus bersiasat agar bisnis tetap eksis. Termasuk maskapai penerbangan pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) tbk.

Irfan Setiaputra Direktur Utama Garuda Indonesia menjelaskan, maskapai nasional tersebut tengah menggarap potensi bisnis penerbangan kargo untuk mendukung ekspor produk makanan laut. Bisa jadi termasuk ikan asin dan garam.

Dengan masih turunnya volume penerbangan penumpang saat pandemi COVID-19, Irfan menyadari, pergerakan barang terutama bahan pangan terus berjalan, bahkan meningkat dengan adanya e-commerce.

Saat ini, porsi untuk penerbangan kargo masih berkisar 20% daripada penerbangan penumpang, Irfan meyakini bahwa potensi ekspor salah satunya pada produk makanan laut masih sangat besar.

“Dari proporsi kargo dan penumpang saat ini masih 20 persenan, tapi saya optimis kalau ini kita seriusi, kita tekuni, mudah-mudahkan proporsinya bisa sampai di 30-an persen,” kata Irfan dihubungi Antara di Jakarta, Kamis (29/10).

Ia menjelaskan, Garuda memiliki dua rute penerbangan khusus kargo ke luar negeri, yakni Makassar-Singapura dan Manado-Narita (Jepang).

Dengan kapasitas daya angkut untuk rute Makassar-Singapura dengan penerbangan sekali dalam sepekan, rata-rata 40 ton setiap penerbangan dengan menggunakan armada regular Airbus A330-300.

Pada layanan penerbangan khusus kargo rute Manado-Narita yang juga sekali sepekan mencapai sekitar 35 ton setiap penerbangan dengan armada Airbus A330-200.

Layanan penerbangan kargo ini menurut Irfan, akan membantu nelayan untuk mendapatkan pasar ekspor yang lebih menguntungkan dari segi harga. Apalagi, komoditas laut segar juga sangat diminati oleh masyarakat Jepang. Selain itu, jarak tempuh dari Manado atau Makassar yang lebih dekat, akan lebih menekan biaya logistik, dibandingkan jika pengiriman dilakukan dari Jakarta.

Ia pun tidak keberatan menambah armada pesawat untuk layanan penerbangan kargo jika nantinya terjadi peningkatan volume pengiriman barang.

“Seminggu sekali dari waktu ke waktu sudah mulai meningkat. Kalau memang sampai di kapasitas satu pesawat dan ada kebutuhan lebih, buat saya tidak ada masalah tambah lagi satu pesawat karena ini mendorong ekspor. Ikan dan seafood itu ekspor yang sebenarnya powerful namun terabaikan,” kata Irfan.

Di luar rute ekspor, Garuda juga melayani 10 penerbangan domestik dalam sehari untuk layanan kargo. Oleh karena itu, Mantan CEO Sigfox Indonesia tersebut optimistis bahwa bisnis penerbangan kargo menjanjikan di tengah penurunan penumpang saat pandemi. (red/km)

- Advertisement -

Latest news

Unit III Tipidkor Polres Lampura Menangkan Gugatan Prapid dari Kuasa Hukum Kades

Kabarmetro.id, LAMPUNG UTARA - Tim Bidang Hukum Polda Lampung melalui Subbid Bankum bersama Seksi Hukum Sub Bankum Polres Lampung Utara selaku kuasa...
- Advertisement -

Koramil 412-01dan Polsek Saksikan Pemusnahan Sisa Surat Suara Pilkati Kecamatan TBT

Kabarmetro.id, LAMPUNG UTARA - Komandan Koramil (Danramil 412-01) TBT Kapten Inf Jauhari yang diwakili oleh Serma Hermanto menghadiri dan saksikan pemusnahan sisa...

Bupati Suhatri Bur Terima Bantuan RUTILAHU dari Kemensos RI, Diserahkan Oleh Anggota DPR RI H.Jhon Kenedy Azis, SH.,MH.

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Bertempat di Hall IKK (Ibu Kota Kabupaten) pada Jum'at (3/11), Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE. MM, menerima...

Aura Kasih Kasin Sinyal, Cari Jodoh?

Kabarmetro.id - Aura Kasih tak mau sendiri. Dia menantikan kehadiran jodoh menjelang pergantian tahun 2022 mendatang. Melalui Instagram, Aura mengaku ingin segera...

Related news

Jelang Nataru Harga Pangan Mengalami Kenaikan, Cabai Rawit Merah Tembus Rp 48.000/Kg

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Menjelang Natal dan Tahun Baru beberapa bahan pangan mengalami kenaikan harga. Salah satunya terjadi di Pasar Kronong Kecamatan...

Hadiri Penyerahan Bansos Bagi Pelaku UKM, Bupati Sebut Manfaatkan Bantuan Untuk Pengembangan Usaha

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE. MM, hadiri kegiatan penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) berupa Estalase atau Stellmeng kepada...

Pasca Pembongkaran, Pekan Depan Kawasan Agus Salim Mulai Ditata

Kabarmetro.id, KOTA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mulai lakukan penataan di sepanjang Jalan Agus Salim, pasca pembongkaran lapak pedagang oleh Tim...

Tak Perlu Dikupas, Penasaran Mau Mencoba? Ini Nikmatnya Mangga Alpukat

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Bentuk dan rasanya sama dengan mangga pada umumnya. Akan tetapi, cara memakannya justru mirip seperti alpukat. Penasaran mau...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here