Perawatan Mobil saat Musim Hujan

Kabarmetro.id – Kondisi mobil yang prima tentu menjadi dambaan para pemiliknya. Maka, merawat mobil adalah hal yang wajib untuk mendapatkan kondisi mobil yang sehat.

Salah satu yang perlu dilakukan adalah perawatan mobil saat musim hujan. Karena, menjaga kondisi mobil ketika musim hujan, akan sedikit membutuhkan perhatian lebih banyak ketimbang perawatan harian.

Bukan tanpa alasan mengingat mobil yang terlalu sering terkena genangan air, terendam banjir atau terguyur selama musim hujan, sangat berpotensi sekali mengakibatkan sparepart-nya terganggu.

Dari sini, tentu saja Anda harus memahami benar bagaimana perawatan mobil saat musim hujan yang tepat dan benar supaya kondisi mobil tetap dalam keadaan prima dan bersih.

Selain itu, perlunya perawatan kendaraan yang dalam hal ini mobil ketika musim hujan, bisa Anda lakukan secara mandiri. Bahkan, caranya pun cukup sederhana dan tidak rumit. Hanya perlu perlakukan rutin saja.

Lantas bagaimana sih perawatan mobil yang benar ketika musim hujan itu? Semakin penasaran bukan?

Tak perlu khawatir kawan, karena dalam topik kali ini, Mas Sena akan berbagi tips mengenai perawatan mobil saat musim hujan yang bisa Anda pelajari dan terapkan sendiri. Mau tahu lebih dalam? Yuk, kita simak bersama penjelasannya.

Perawatan Mobil saat Musim Hujan

Perlunya perawatan mobil saat musim hujan di sini akan diungkap dengan beberapa tips atau langkah mudah yang bisa Anda lakukan atau implementasikan sendiri di rumah.

Rutin Keringkan Mobil saat Terkena Air Hujan

Hal pertama dalam soal perawatan mobil saat musim hujan adalah dengan sesegera mungkin untuk mengeringkan air hujan yang mengenai bagian mobil.

Ini merupakan tindakan preventif atau pencegahan terbaik, khususnya pada bagian bodi eksterior pada mobil

Bukan tanpa alasan mengingat air hujan yang mengering di bagian permukaan mobil bisa beresiko merusak lapisan cat.

Maka dari itu, setelah mobil terguyur hujan biasakan siram mobil dengan air bersih kemudian lap menggunakan kain kering dan lembut hingga kering sehingga tidak ada air hujan yang menempel pada permukaan cat mobil.

Cara ini cukup efektif untuk menjaga cat eksterior mobil menjadi lebih terawat dan terjaga sehingga daya tahannya tetap lama meski sering terkena guyuran air hujan.

Selalu Jaga Tekanan Ban

Di sisi lain, perawatan mobil saat musim hujan yang perlu untuk Anda lakukan yakni dengan menjaga selalu agar tekanan ban tetap dalam kondisi standar.

Kenapa demikian? Perlu untuk dipahami bahwa dalam kondisi hujan, kemampuan ban untuk mencengkram sudah barang tentu akan terpengaruh oleh air hujan yang mengalir di medan jalan.

Tentu saja, keadaan ban ini berbeda dengan saat kondisi kering. Karena, alur atau pola tapak ban, sangat berpengaruh pada kemampuan ban menjaga stabilitas kendaraan.

Sehingga, salah satu untuk menjaga kondisi ban mobil agar tetap dalam performa terbaiknya, disarankan untuk menjaga tekanan angin pada ban sesuai dengan standar.

Tak hanya itu, segera siram bagian ban dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran lembut atau sisa pasir yang menempel akibat terbawa arus air hujan. Mengingat, kotoran tersebut bila dibiarkan lama-lama maka akan berpotensi masuk ke dalam ruang dalam ban melalui celah.

So, jangan lupa ya kawan untuk menggguyur ban mobil setelah mobil digunakan.

Cek Kondisi Rem Mobil

Di sisi lain, perawatan mobil saat musim hujan juga menyentuh pada sektor rem dari mobil itu sendiri.

Mengingat, komponen rem pada mobil sendiri dipastikan memiliki beban kerja yang lebih keras karena reduksi kecepatan kendaraan pun lebih berat saat musim hujan ketimbang kondisi normal.

Bila rem pada mobil terganggu maka sangat membahayakan Anda sendiri, apalagi ketika musik hujan yang kondisi medan jalannya begitu licin.

Untuk itu, Anda perlu selalu mengecek rem. Di antara hal yang perlu diperiksa adalah oli rem mobil. Karena, sifat oli yang tidak bisa menyatu dengan air maka kemungkinan akan membuat kualitas oli rem menjadi berkurang.

Jangan lupa untuk membersihkan komponen rem dari kotoran pasir atau tanah yang kemungkinan menempel pada sistem pengereman.

Dalam soal ini, usahakan untuk melakukannya di bengkel terdekat. Sebab, ada beberapa komponen yang kemungkinan perlu dibongkar yang mana pembongkarannya membutuhkan alat di bengkel.

Bersihkan Kaca Mobil

Kemudian, di saat musim hujan seperti ini, disarankan juga Anda untuk selalu membersihkan kaca depan pada mobil.

Hal ini untuk memastikan visibilitas selama berkendara terjaga saat menghadapi musim hujan. Karena, berpengaruh pada keselamatan juga.

Nah, dalam soal perawatan mobil saat musim hujan di bagian kaca ini, utamakan untuk membersihkan kaca depan mobil terlebih dahulu.

Untuk membersihkannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengguyurnya dengan air bersih sampai kotoran atau air hujannya hilang. Jangan lupa untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel pada bagian kaca ini.

Jika memang sudah benar-benar bersih, gunakan kanebo atau lap kering yang bersih untuk menghilangkan sisa-sisa air yang masih menempel.

Sekalian juga bersihkan lampu utama dan foglamp untuk menjaga visibilitas pencahayaan saat mobil dikendarai. Mengingat, jika terjadi hujan deras maka visibilitas akan sedikit terganggu. Sehingga, pastikan kondisi pencahayaan dari lampu utama tidak terhalang oleh debu maupun kotoran.

Bersihkan Karpet Mobil

Salah satu komponen interior yang perlu mendapat perawatan adalah karpet mobil.

Alasannya, ketika musim hujan, biasanya kelembaban udaranya sangat berpotensi menumbuhkan timbulnya jamur akibat alas kaki/sepatu yang kotor dan basah saat musim hujan tiba.

Maka dari itu, sangat disarankan sekali bersamaan dengan pembersihan sisi eksteriornya, bersihkan pula karpet mobil dengan cara diguyur dengan air bersih sampai bersih.

Bila sudah, keringkan dengan lap kering atau dijemur saat kondisi cerah. Ini sangat efektif untuk meminimalisir atau mencegah timbulnya jamur pada karpet mobil sehingga kebersihannya pun menjadi jauh lebih terjamin.

Jaga Kebersihan Wiper

Di satu sisi, perawatan mobil saat musim hujan yang sangat penting untuk dilakukan yakni dengan menjaga wiper dalam kondisi yang bersih.

Cek keadaan karet wiper dan pastikan masih bagus. Lalu, jangan lupa untuk mengecek pada bagian penampungan air washer, bila sudah kosong atau berkurang alangkah baiknya untuk ditambahkan.

Langkah ini tentu menjadi perawatan terbaik agar wiper bisa berjalan secara optimal untuk menjaga kebersihan kaca depan mobil saat diguyur air hujan sehingga visibilitas pun menjadi lebih jelas terlihat.

Itulah tadi beberapa cara terbaik yang mudah mengenai perawatan mobil saat musim hujan. Satu hal penting yang tak boleh dihindari juga adalah selalu lakukan service rutin, apalagi di saat musim hujan seperti ini mengingat memiliki pengaruh pada kondisi oli mobil.

Sekian ulasan yang telah Mas Sena sampaikan terkait dengan perawatan mobil saat musim hujan. Semoga bisa menjadi tips otomotif yang bermanfaat untuk teman-teman semua. Sampai berjumpa kembali.

sumber : semisena

 2,640 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *