Diberikan Pelatihan Keuangan UMKM Guna Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Kabarmetro.id, Jakarta – Dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Indonesia, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapat pelatihan keuangan dari Dinas Parekraf.

Gumilar Ekalaya Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta mengatakan, untuk pelatihan tersebut, pihaknya berkolaborasi dengan PT. Pegadaian Persero dan Institut STIAMI mengadakan Pelatihan Laporan Keuangan dan Program Pendanaan UMKM secara virtual.

BACA JUGA:  Dampingi Mustahik Tingkatkan Produksi Olahan Kripik di NTB

“Laporan keuangan merupakan informasi yang menggambarkan kondisi keuangan suatu perusahaan dan dijadikan sebagai gambaran kinerja keuangan usaha tersebut,” ucap Gumilar, Kamis (22/10).

Ia menilai, dalam hal laporan keuangan menjadi alat yang penting untuk memperoleh informasi terkait posisi keuangan dan hasil-hasil kinerja yang dicapai dalam sebuah bisnis atau usaha.

BACA JUGA:  Sepi Penumpang, Garuda Garap Potensi Bisnis Penerbangan Kargo

Adanya panduan laporan keuangan dapat membantu pihak terkait untuk menentukan arah perencanaan usaha, terutama membuat keputusan ekonomi yang bersifat keuangan.

“Dengan semakin berkembangnya usaha, menuntut UMKM untuk menyediakan laporan keuangan yang sesuai dengan standar yang berlaku dan membuka hubungan dengan pihak luar seperti bank dan lembaga keuangan lain,” kata Gumilar.

Pentingnya laporan keuangan, karena berfungsi sebagai alat untuk menganalisis kinerja keuangan yang dapat memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja dan arus kas. Sehingga dapat dijadikan sebagai dasar pembuatan keputusan ekonomi.

BACA JUGA:  Permintaan Meningkat, Baznas Fasilitasi Pengembangan Usaha Madu Untuk Peternak Madu di Bekasi

“Diharapkan pelatihan ini dapat membantu dan mendukung pelaku ekonomi kreatif serta memberikan wawasan dan akses permodalan kepada UMKM agar dapat berkembang,” pungkasnya. (red/ehs)

 1,188 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *