Kementerian Perikanan dan Kelautan Berikan Bantuan Pada Kelompok Budi Daya Ikan Bioflok Mina Cimanggu

Kabarmetro.id, Banjar – Bantuan berupa barang dari Kementerian Perikanan dan Kelautan melalui BBAT (Balai Benih Ikan Air Tawar) diberikan pada Kelompok tani budi daya ikan sistem bioflok Mina Cimanggu Kamis (8/10).

Asep Hidayat BBA ketua pelaksana kelompok budi daya ikan sistem bioflok yang didampingi Kadus Cimanggu Kusmanto menjelaskan, sejarah awalnya dari kelompok Amanah Cimanggu yang beroperasi di bidang usaha Koperasi yang didirikan tahun 2019 dikembamgkan menjadi perkumpulan/kelompok budi daya ikan sistem bioflok dan pertanian, yang berada di wilayah Dusun Cimanggu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman.

BACA JUGA:  Musyawarah Desa Kepengurusan Bumdes Sumuradem periode 2020-2024

Asep berharap dengan adanya bantuan berupa barang dari Kementerian Perikanan dan Kelautan ini semua berkat bantuan dan bimbingan BBAT, Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Banjar dan juga dukungan Desa Batulawang.

“Kami sebagai kelompok penerima manfaat, dengan bantuan ini kami berupaya untuk menciptakan lapangan kerja, peningkatan taraf hidup perekonomian desa, peningkatan kesejahteraaan anggota, dengan bantuan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan ini kami harus menyediakan lahan/tanah sebesar 400 m2 atau 35 bata, dengan dilengkapi sarana penyaluran air dan daya listrik,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Susi Pudjiastuti Buka Loker Bagi Lulusan SMA/SMK, Tertarik? Simak Persyaratan dan Cara Melamarnya

Rencanya akan dibangun 10 tempat untuk penangkaran 10.000 benih ikan mujair jenis gesit di 10 tempat penangkaran ikan/bioflok. Selain itu pihaknya juga menyediakan kolam biasa yang berada di lokasi tanah perkebunan karet yang bekerjasama dengan kelompok Mina Cimanggu 2.

BACA JUGA:  Wawako Erwin Yunaz Juara Kompetisi Rendang

“Alhamdulillah kami memdapat bantuan jenis benih ikannya sebanyak 6.000 ekor dan pakan 3 kuintal yang disalurkan dari Pemerintah Kota Banjar melalui dinas terkait. Di samping pengembangan kelompok budi daya ikan juga peningkatan bidang pertanian yang alhamdulillah kami juga mendapat bantuan sarana saluran irigasi dari BBWS melalui program P3-TGAI,” ungkapnya. (ach)

 754 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *