Dukung Investasi PLN Operasikan PLTMG Ambon Peaker Berkapasitas 30 MW

Kabarmetro.id, Jakarta – PLTMG Ambon Peaker berkapasitas 30 MW, yang terletak di Desa Waai, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. PLN pun siap mengoperasikannya, untuk terus mendukung investasi.

Menteri ESDM Arifin Tasrif, meresmikannya pada 16 Juli lalu, PLTMG Ambon Peaker menopang hampir 50 persen beban kelistrikan yang ada di sistem kelistrikan Ambon.

Saat ini sistem kelistrikan Ambon sendiri memiliki Daya Mampu sebesar 99,34 MW dengan Beban Puncak mencapai 53,1 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 46,24 MW.

BACA JUGA:  Ada Tujuh Strategi, Mentan Paparkan Antisipasi Banjir Dampak La Nina

“Pembangunan PLTMG Ambon Peaker juga sebagai langkah strategis PLN dalam memenuhi pertumbuhan demand kelistrikan di Pulau Ambon yang terus meningkat dengan rata-rata 9 persen setiap tahunnya,” ujar Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, Senin (28/9).

Darmawan menambahkan, bahwa biaya investasi yang dikeluarkan dalam pembangunan PLTMG Ambon Peaker ini sekitar Rp234 miliar.

BACA JUGA:  Heritage Port Penetapan Pelabuhan Sunda Kelapa

Dalam pengoperasian PLTMG Ambon Peaker sendiri telah menggunakan bahan bakar B30 sesuai dengan arahan dari pemerintah.

“Dengan menggunakan B30, maka bahan bakar yang digunakan pada PLTMG Ambon Peaker sudah menggunakan energi yang ramah lingkungan. Pemanfaatan B30 tentunya juga menurunkan emisi dan memberikan peningkatan performa daya mesin dengan daya serap FAME yang tinggi,” tambah Darmawan.

BACA JUGA:  Refleksi 1 Tahun Jokowi-Ma'ruf Tetap Gelar Pilkada 2020 di Masa Pandemi

Ucapan terima kasih dari PLN kepada seluruh stakeholder yang sudah membantu kelancaran pembangunan infrastruktur kelistrikan ini, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

“Semoga dengan beroperasinya PLTMG Ambon Peaker ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan geliat investasi di Ambon,” tutup Darmawan. (red/mf)

 3,389 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *