Bupati dan Kapolres Subang Tinjau Lokasi Pembangunan Markas Polsubsektor Cipunagara

Kabarmetro.id, Subang – Drs Obay Subarkah Camat Cipunagara mendampingi Bupati Subang H Ruhimat dan Kapolres Subang AKBP Aries Kurniawan meninjau lokasi yang akan dibangun Markas Polsubsektor Cipunagara Wilayah Hukum (Wilkum) Polsek Pagaden dan kegiatan gotong royong lobaan (Gorol) pembangunan TPT drainase saluran air, PJU di Dusun Cigarukgak, Desa Sidamulya, Kecamatan Cipunagara (26/9).

Bupati Subang H Ruhimat yang akrab disapa Kang Jimat dalam peninjauan sambil berjalan kaki sepanjang pembangunan TPT drainase sambil menyapa warga masyarakat yang berbatasan antara Desa Sidamulya dan Sidajaya.

Bupati Subang dalam sambutannya, sangat mengapresiasi sumbangan Mas Urip, warga desa setempat yang menyumbangkan dana pribadinya untuk membangun Markas Polsubsektor Cipunagara.

“Mudah-mudahan ada Urip-Urip lainnya di Subang yang peduli untuk kemajuan Subang,” ujar Ruhimat.

Ia juga mengapresiasi warga Desa Sidamulya yang mau bergotong-royong membangun TPT drainase sepanjang 1.200 meter, taman dan penerangan jalan umum (PJU) sebanyak 70 tiang juga dibantu puluhan aparat BPBD Kabupaten Subang.

BACA JUGA:  Kunker Perdana Dandim 0411 Lampung Tengah Fokopimcam Kecamatan Padang Ratu

“Terkait program Kabupaten Subang saat ini tidak bisa membangun karena dana APBD tersedot oleh penanggulangan Covid-19, namun tentunya sudah dirasakan masyarakat dengan bantuan sembako,” ujarnya.

Senada juga diungkapkan Kapolres Subang AKBP Aries Kurniawan, berharap dengan berdirinya kantor Mapolsek Cipunagara akan menjadikan rasa aman dan tenteram, serta menunjang kesejahteraan masyarakat.

“Secara geografis wilayah Cipunagara sangat strategis untuk dijadikan kantor Mapolsek.”

Camat Cipunagara Drs Obay Subarkah saat diwawancarai awak media, berharap kunjungan Bupati dan Kapolres menjadi pertanda baik terwujudnya kantor Mapolsek Cipunagara.

“Kunker Bupati dan Kapolres ini, merupakan pertanda baik berdirinya kantor Mapolsek Cipunagara,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Kecamatan Cipunagara sangat membutuhkan keberadaan Mapolsek definitif guna menjaga keamanan dan kenyamanan warga. Sudah 35 tahun menunggu dan alhamdulillah ada tokoh masyarakat Abah Urip yang sudah peduli menyuport segera dibangunnya Mapolsek Cipunagara. Saya harap di akhir tahun ini pembangunan Mapolsek sudah selesai, sebelum saya pensiun,” tutur Camat.

BACA JUGA:  Nuansa Merah Putih di Dusun Dua Desa Lobutolong Paranginan

Obay juga ingin segera dibentuknya Polsek defintif ada beberapa pertimbangan, di antaranya mengingat wilayah teritorial Kecamatan Cipunagara cukup luas, belum lagi banyak daerah-daerah berbatasan dengan Kabupaten tetangga (Kabupaten Indramayu).

“Di mana teritorial ini dipandang rawan gangguan Kamtib dan paling krusial untuk mendekatkan pelayanan. Faktor yang disebut terakhir itu yang mutlak harus diwujudkan dimana prasyarat untuk mewujudkan pelayanan prima,” ujarnya.

Kecamatan Cipunagara sendiri, lanjut Obay, bisa disebut daerah perkebunan menurutnya, termasuk katagori sulit untuk dikendalikan dari gangguan Kamtibmas.

Saat ini seperti diketahui, Polsek Pagaden wilayah kerjanya masih membawahi tiga kecamatan yaitu Kecamatan Pagaden, Pagaden Barat dan Cipunagara. Dengan wilayah teritorial yang begitu luas cakupannya, sementara porsonelnya masih sedikit, ini tentunya menyulitkan jangkauan pembinaan wilayah.

Untuk mendirikan Mapolsek Cipunagara definitif, kendalanya penyediaan lahan/tanah, namun pihaknya sudah memohon lahan perkebunan PT RNI dengan status Hak Guna Pakai (HGP) yang lokusnya di antara Desa Sidajaya dan Sidamulya. “Alhamdulillah kini telah disetujui,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Danramil 412-11 Abung Semuli Hadiri Sosialisasi Perda Provinsi Lampung tentang RTRW di Desa Sukamaju.

“Mengapa mengambil tempat di antara kedua desa tadi, karena menurut kajiannya berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) daerah ini sepuluh tahun ke depan merupakan kawasan pengembangan industri, ditambah dekat dengan jalan Tol Cipali, sehingga akses mobilitasnya cukup strategis,” jelasnya.

Warto Wiro, selaku Kades Sidamulya mengungkapkan, bahwa Kapolres Aries melanjutkan program Kapolres terdahulu untuk membangun Mapolsek Cipunagara, yang secara struktur akan dipisahkan administrasinya dari Polsek Pagaden. Karena Kecamatan Cipunagara sudah 35 tahun dimekarkan dengan Kecamatan Pagaden, baru sekarang akan dibangun Kantor Mapolsek.

“Mudah-mudahan ini menjadikan titik cerah khususnya untuk pembangunan Mapolsek Cipunagara dan menjadikan upaya pencegahan kejahatan, memberikan rasa aman dan nyaman serta bisa mengangkat segi perekonomian masyarakat,” tutupnya. (red/abd)

 1,891 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *