Belum Berlaku Masa Berlaku Paspor Diperpanjang Jadi 10 Tahun di Indonesia

Kabarmetro.id, Jakarta – Kementerian Hukum dan HAM Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, menyebutkan, aturan pemberlakuan paspor paling lama 10 tahun belum berlaku.

Arvin Gumilang Kepala Bagian Humas Ditjen Imigrasi mengatakan, aturan itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah nomor 51 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas peraturan pemerintah nomor 31 tahun 2013 tentang peraturan pelaksanaan UU nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian.

BACA JUGA:  Pemerintah Berikan Gratis Sertifikat Halal Pelaku UMKM

PP menyebutkan, masa berlaku paspor paling lama sepuluh tahun, bukan berarti masa berlakunya menjadi sepuluh tahun.

“Iya belum berlaku, karena masih harus disiapkan dulu peraturan pelaksanaannya yang akan mengatur lebih detilnya,” ujarnya saat dihubungi, Minggu (27/9) malam.

BACA JUGA:  Bergeser Patok Batas Negara di Sebatik, Jalan Menuju Kantor Kecamatan Sebatik Utara Harus Lewati Wilayah Malaysia

Ia mengatakan, dalam perkembangan global, tren masa berlaku paspor paling lama sepuluh tahun sudah dipraktekkan di beberapa negara. Dalam hal ini telah dilakukan di sejumlah Negara di Asia Tenggara (ASEAN).

“Di negara ASEAN saja sudah beberapa negara yang menerapkan, misalnya Singapura, Thailand dan Filipina,” katanya.

Saat ini tengah proses pembuatan peraturan pelaksanaannya. Menurut dia, perubahan itu nantinya juga akan memuat penyesuaian tarif PNBP yang dikenakan.

BACA JUGA:  Apresiasi Plt Gubernur Bengkulu Atas Sinergi TNI/Polri Dalam Penanganan Covid

“Ini mungkin akan masuk ke dalam yang diatur kemudian. Tapi kalau secara logika berpikir, memang dimungkinkan adanya perbedaan PNBP untuk masa paspor yang berbeda pula,” katanya. (red/ehs)

 5,158 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *