TMMD ke-109 di Kecamatan Tarabintang

Kabarmetro.id, Humbang Hasundutan – Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE membuka secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Sihas Toruan, Kecamatan Tarabintang (22/9).

Pembukaan ini ditandai dengan penandatanganan naskah kerja oleh Bupati Humbahas dan Dandim 0210/TU serta ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Humbahas bersama Forkopimda.
Bupati Dosmar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pada tahun 2020 ini, program TMMD dilaksanakan dalam bentuk pembangunan ruas jalan Gaman – Marpadan Kecamatan Tarabintang yang meliputi, pembangunan jalan sepanjang 5 km dan pembangunan gorong-gorong sebanyak 3 unit. Total nilai program TMMD tahun 2020 ini adalah sebesar Rp. 500 juta.

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Humbahas mengucapkan, terimakasih dan mengapresiasi program TMMD yang dilaksanakan TNI Angatan Darat dalam hal ini Kodim 0210/TU Tapanuli Utara, kami berharap program-program seperti ini, dapat dilaksanakan diwaktu-waktu mendatang.

TMMD adalah salah satu wujud operasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan berbagai instansi pemerintah termasuk Pemerintah Daerah.

BACA JUGA:  Riana Arinal Siap Road Show Senam Lampung Berjaya ke OPD dan Sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolir, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terdampak akibat bencana.

TMMD bertujuan mempererat hubungan antara TNI dengan Pemda dan masyarakat sekaligus turut memberikan konstribusi terhadap upaya perbaikan infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan merata merupakan salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Selama tahun 2016 s/d 2019 telah terbangun infrastruktur jalan sepanjang 1105 km dan jembatan sebanyak 550 unit yang bersumber dari APBD Kabupaten Humbahas, APBDes, APBD Provsu dan APBN.

Pembangunan tersebut dengan melihat skala prioritas dan kebutuhan yang paling mendesak khususnya di kawasan Pakkat, Parlilitan dan Tarabintang (Papatar) yang masih sangat membutuhkan akselerasi pembangunan infrastruktur jalan.

BACA JUGA:  Wagub Bengkulu: Prioritas Tenaga Medis Disuntik Vaksin

‘Kami menyadari bahwa seluruh pembangunan yang terlaksana belum menjawab keseluruhan terkait kebutuhan, untuk itu kami selalu bekerja keras untuk mencapai target jalan mantap diseluruh pelosok kabupaten. Pemerintah juga menjalin koordinasi yang baik dengan berbagai pihak antara lain Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pihak swasta dan pihak lainnya termasuk TNI,” ujarnya.

Dosmar juga mengajak seluruh masyarakat dan ‘stake holder’ untuk mendukung kegiatan ini selama satu bulan, supaya berjalan lancar karena yang menikmati hasil dari TMMD ini adalah masyarakat, secara khusus masyarakat Humbang Hasundutan.

Dandim 0210/TU Letkol Czi Roni Agus Widodo dalam laporannya menyampaikan bahwa waktu pelaksanaan TMMD ke-109 ini mulai dari tanggal 22 September s/d 21 Oktober 2020 dengan tempat pelaksanaan di Desa Sihas Toruan dan Desa Marpadan, Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain pembukaan jalan baru, pembuatan gorong-gorong, penyuluhan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) oleh Kodim 0210/TU, penyuluhan Wawasan Nusantara Kodim 0210/TU, penyuluhan KB oleh Dinkes Humbahas, penyuluhan hukum oleh Polres Humbahas, penyuluhan kesehatan oleh Dinkes Humbahas, penyuluhan pertanian oleh Dinas Pertanian Humbahas, peyuluhan narkoba oleh Polres Humbahas.

BACA JUGA:  Bantuan Sembako Bupati Kepahiang Untuk Korban Kebakaran

Adapun personel pada kegiatan ini personel Kosatgas, tim asistensi, SSK dan Masyarakat.

Disampaikan juga bahwa SSK yang diturunkan sudah melaksanakan Rapid Test seluruhnya dan pelaksanaan kegiatan ini mengikuti protokol kesehatan. “kita tidak mau ada klaster baru yang namanya klaster TMMD”, ujarnya, serta mengimbau kepada peserta Bapak/ Ibu yang terlibat dalam TMMD untuk menjaga protokol kesehatan.

Turut hadir pada kegiatan ini mewakili Danrem Kawal Samudera, Kasrem 023/KS, Letkol inf Denny Engel Rupingi, Forkopimda, Kajari Humbahas, Martinus Hasibuan, SH, mewakili Kapolres, Kabag REN, Kompol D. Pinem, mewakili DPRD, Minter Hulman Tumanggor, Pimpinan OPD, Camat Tarabintang, Kepala Desa dan masyarakat. (bs)

 2,606 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *