BMKG – Stasiun Geofisika Deli Serdang Perkuat Sinergitas Informasi Gempa Bumi dan Tsunami di Humbahas

Humbang Hasundutan, kabarmetro.id – Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Humbang Hasundutan Drs. Tonny Sihombing, MIP menerima audiensi dari Tim BMKG-Stasiun Geofisika Deli Serdang bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Kantor Bupati. (18/9/2020).

Dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Drs. Tonny Sihombing, MIP mengucapkan terima kasih kepada BMKG yang telah membangun sinergitas dan kerjasama antara pemerintah daerah dan pusat khususnya dalam upaya pengurangan risiko bencana di Kabupaten Humbang Hasundutan.

BACA JUGA:  Program Disdukcapil Laksanakan Kegiatan Perekaman E-KTP Keliling di Desa Tinumpuk

Dalam kunjungan ini tim BMKG-Stasiun Geofisika Deli Serdang melakukan commisioning test dan simulasi peralatan Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen), serta sosialisasi tentang WRS New Gen termasuk didalamnya.

Bagaimana mengatasi masalah umum yang terjadi dalam penggunaan WRS New Gen.
Kabupaten Humbang Hasundutan memiliki potensi bencana gempa bumi karena merupakan kawasan yang dilalui patahan aktif Sumatera dan patahan lokal, sehingga sangat membutuhkan peralatan untuk mengantisipasi dan memitigasi risiko bencana gempa bumi guna meningkatkan keselamatan jiwa dan harta benda masyarakat.

BACA JUGA:  Pesan Kapolda Kalbar Hindari Gaya Hidup Hedonisme Di Hari Jadi Polwan Ke 72

Pada Tahun 2019, BMKG telah membangun shelter mini region di Kabupaten Humbahas yang terletak di Kecamatan Onan Ganjang. Shelter ini dipasang sensor minireg yang ditujukan untuk mendeteksi kejadian gempa bumi yang terjadi di darat dan sangat lokal.

Kemudian di pertengahan tahun 2020 ini BMKG juga sudah memasang WRS New Generation dalam penyebaran informasi gempa bumi dan Tsunami dalam smart display di lobby Kantor Bupati Humbahas dan BMKG juga telah memasang peralatan Early Earthquake Warning System (EEWS) di kantor BPBD Kabupaten Humbang Hasundutan.

BACA JUGA:  Danramil 412-11 Abung Semuli Hadiri Sosialisasi Perda Provinsi Lampung tentang RTRW di Desa Sukamaju.

Turut hadir dalam kunjungan ini Kepala Pelaksana BPBD Humbang Hasundutan, Ir. Tumbur Hutagaol, MT dan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Binsar A. Situmorang, SE. (bs)

 3,031 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *