Imbau Warga Donor Stok Darah Merosot Hingga 70 Persen PMI Jakarta

Jakarta, kabarmetro.id Membuat pendonor berkurang dan mengakibatkan stok darah semakin berkurang akibat pandemi covid-19 ini. PMI DKI Jakarta, pasokan darah terus menurun dan hingga kini merosot hingga 70 persen.

Rustam Effendi Ketua PMI DKI Jakarta mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 ini pasokan darah segar di PMI memang semakin berkurang.

Menurunnya stok darah hingga 70 persen dari jumlah kantong perharinya. “Karena biasanya dalam satu hari kita punya stok 1000 kantong, kini hanya 300 kantong saja,” katanya, Kamis (17/9/2020).

BACA JUGA:  Sudewo Peduli Warga yang Membutuhkan Air Bersih di Pati

Rustam memgatakan, walau stok darah yang menipis, pihaknya meyakinkan pasokan darah masih aman. Masih cukup kebutuhan darah untuk berbagai terapi penyakit yang membutuhkan darah rutin.

BACA JUGA:  Pasca Sehari Pilkada Kondusif, Rupiah Menguat

“Pasokan itu juga cukup untuk kebutuhan pasien demam berdarah, kecelakaan dan ibu melahirkan,” ujarnya.

Mantan Walikota Jakarta Barat ini mengimbau masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Terlebih, kantor PMI juga saat ini terus dilakukan sterilisasi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Mari datang donor darah, kami pastikan kantor PMI aman bagi pendonor yang datang,” ungkapnya.

BACA JUGA:  PERESMIAN PADEPOKAN PJKB. MELAWI DAN GREBEG SURO 2020.

Rustam menambahkan, di kantor PMI sendiri sudah membuat protokol kesehatan untuk pelaksanaan donor darah. Mulai masuk kantor masyarakat akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Ketika sudah didalam nantinya akan diwawancarai dulu terkait penularan Covid-19, pemeriksaan fisik sederhana, hingga disinfektan berkala,” pungkasnya. (Red)

 9,618 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *