RSUD Sambas Akan Mengadakan Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing

Sambas, kabarmetro.id – RSUD Sambas bekerjasama dengan Yayasan Smile Train, Yayasan Parama Abhipraya, Perhimpunan Dokter Ahli Bedah Plastik Kalimantan Barat (Kalbar) dan Perkumpulan Gerakan Kebangsaan DPW Kalbar akan mengadakan Kegiatan Bakti Sosial Operasi Gratis Bibir Sumbing dan Sumbing Langit-langit pada 18-20 September 2020 di RSUD Sambas.

“Bibir Sumbing/celah bibir dan celah langit-langit adalah kelainan bawaan yg diderita oleh bayi kala dilahirkan dan terjadi didalam kandungan. Operasi bibir sumbing menjadi salah satu cara bagi bayi yang terlahir dengan celah di bibir dan langit-langit, agar bisa memperbaiki kondisi mulut mereka,” ungkap Direktur RSUD Sambas, drg Gusmadi.

BACA JUGA:  19 Gambar Orang Tak Pakai Masker di Baliho Diturunkan

“Celah bibir dan langit-langit ini bisa terjadi karena disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain kekurangan nutrisi maupun trauma yg terjadi ketika ibu hamil, bisa juga akibat bahan makanan yg tidak baik, semisal bahan pengawet, bahan pewarna dan zat-zat lain yg dikonsumsi selama kehamilan, bisa juga terjadi karena radiasi,” ujarnya.

BACA JUGA:  Kapolres Tris Supriadi Pantau Langsung Banjir di Kompas Raya

Untuk penanganan bibir sumbing dan langit-langit perlu adanya sebuah penanganan medis berupa operasi yang dilakukan oleh Dokter Ahli.

“Untuk penanganan medisnya untuk Celah bibir dan langit2 harus dilakukan rekontruksi/operasi perbaikan oleh Dokter Ahli, bisa oleh Ahli Bedah plastik maupun oleh Dokter Gigi Bedah Mulut dan rekonstruksi dilakukan ketika masih bayi mulai umur sepuluh bulan dimana jaringan ototnya masih elastis dan hasilnya bisa maksimal, baik secara estetis maupun perbaikan dalam pengucapan bicara nantinya.” tambahnya.

BACA JUGA:  Terapkan 3M Prokes Kapolres Banjar Polda Jabar Bagikan Masker di Pasar Langensari

Gusmadi berharap kegiatan Bakti Sosial Operasi Gratis Bibir Sumbing dan Sumbing Langit-langit tersebut didukung oleh semua masyarakat sambas, berjalan lancar dan bermanfaat bagi keluarga yg mempunyai anggota keluarganya menderita bibir sumbing dan sumbing langit-langit.(Yan)

 5,111 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *