Suar Institute Laksanakan Pelatihan ICS

Melawi, kabarmetro.id – Suar institute bekerjasama dengan WWF Indonesia melaksanakan Pelatihan Internal Control System (ICS) untuk kelompok Tani Sawit Mandiri Desa Nanga Kebubu dan Semadin Lengkong.

Pelatihan ICS ini diadakan selama tiga hari, Jum’at-Minggu (11-13) September 2020 di Balai Butomo, Nanga Kebubu, Kabupaten Melawi. Jum’at(11/9/2020).

Kegiatan pelatihan ICS ini dibuka langsung oleh Dinas Pangan dan Perkebunan kabupaten Melawi yang diwakili oleh Kabid Perkebunan, Herri Purwanto dan juga dihadiri oleh Pj. Kepala Desa Nanga Kebubu, WWF Indonesia, Ketua Suar Institute dan Pendamping perkebunan Kabupaten Melawi.

BACA JUGA:  Rektor Unair Kukuhkan 6.875 Mahasiswa Baru Secara Online

Pelatihan ICS ini dengan mengedepankan protokol kesehatan dan menyediakan masker serta tempat cuci tangan.

Ketua Suar institute, Sukartaji dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini adalah pintu pembukaan untuk para petani sawit mandiri menjadi petani yang profesional dan bisa bersaing sampai internasional.

“Sesuai dengan Perpres Nomor 44 Tahun 2020 tentang Sistem Sertifikasi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (ISPO), dengan dasar ini kita bisa menjadi petani sawit yang profesional dan bisa bersaing sampai internasional dan dalam pelatihan selama tiga hari ini ada 10 materi yang akan disampaikan oleh para narasumber”, ungkap Sukartaji.

BACA JUGA:  Polda Jateng Beri Perhatian Khusus Kepada Mahasiswa Terdampak

Kesempatan yang sama Pj. Kepala desa Nanga Kebebu, Fabianus Sumardi menyampaikan, Kelompok tani sawit mandiri wajib melaksanakan Pepres Nomor 44 Tahun 2020, Indonesian Sustainable Palm Oil Cartification System (ISPO) sangat penting karena kita harus memiliki sawit dengan memiliki standar internasional.

Fabianus Sumardi mengajak petani sawit mandiri supaya membentuk sebuah organisasi, supaya kita memiliki wadah demi perkembangan sawit kita, dari harga dan kualitas sawit kita bisa terjaga.

BACA JUGA:  Program Cinapel Polres Majalengka Polda Jabar Bagi-Bagi Buku Tulis Sekaligus Sosialisasi 3M

Kabid perkebunan, Herri Purwanto, SP
sebelum membuka acara ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Suar Institute dan WWF Indonesia yang selalu membantu pemerintah dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan seperti hari ini.

Para petani sawit mandiri juga harus benar-benar serius dalam proses pelatihan ini supaya apa yang didapatkan bisa diaplikasikan dilapangkan nanti, tutupnya. (SNH)

 80 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *