Perda DKI Jakarta Dilanggar, Puluhan Lapak Liar Terpaksa Dibongkar Petugas

Jakarta, kabarmetro.id – Lapak liar menghiasi kota Jakarta, salah satunya berada di lokasi Jalan Trembesi, RW11, Kelurahan Pademangan Timur, Jakarta Utara, ditertibkan petugas gabungan Satpol PP dan Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK), Kamis (10/9/2020).

Di pinggir bantaran kali keberadaannya juga melanggar Peraturan daerah (Perda) DKI Jakarta. Puluhan lapak liar tersebut dibongkar petugas.

Muhammad Yusda Usman Kepala Satpol PP Kecamatan Pademangan, mengatakan, penertiban setelah adanya permintaan dari pihak PPKK selaku pemilik aset negara. Mengingat di atas lahan tersebut dimanfaatkan para pedagang kaki lima (PKL) untuk berdagang.

BACA JUGA:  Anies Copot Walikota dan Kadis LH Jakarta Pusat Akibat Kerumunan di Acara Rizieq

“Lokasi penertiban kebetulan wilayahnya masuk Jalan Trembesi, Pademangan. Maka kita pun perlu melakukan penegakan peraturan daerah,” ungkapnya.

Yusda memaparkan, penertiban ini bukan pertama kali bahkan pada tahun 2018 pihaknya juga pernah melakukan penertiban atas permintaan pihak PPKK. “Karena itu, kami ingin pihak PPKK menjaga asetnya agar tidak di tempati pedagang kembali,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Kembali Perpanjang PSBB Transisi DKI Jakarta Hingga 8 November 2020

Total sekitar 30 bangunan lapak berhasil ditertibkan. Selain petugas PPKK, penertiban juga dibantu unsur TNI – Polri dengan keseluruhan jumlah personel sekitar 100 orang, jelas Yusda.

BACA JUGA:  Mulai Berkurang Pasien Terpapar COVID-19 Dirawat RSD di Wisma Atlet

Prakoso Pelaksana Tugas Penertiban PPKK, mengatakan, pihaknya bersama unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) telah memberitahukan kepada pemilik lapak. Dengan demikian, penertiban berlangsung aman tanpa ada perlawanan.

“Sesuai dengan perencanaan pembangunan, lokasi yang merupakan zona hijau nantinya akan di tata. Sehingga tidak lagi dimanfaatkan warga, dan lingkungan juga tidak kumuh,” ujarnya. (Red/EHS)

 7,589 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *