26.5 C
Jakarta
Sabtu, Februari 27, 2021

Tiga Desa di Humbahas Peroleh Program ‘KOTAKU’ dari Kementerian PUPR

- Advertisement -
- Advertisement -

Humbang Hasundutan, kabarmetro.id – Tiga Desa di Kabupaten Humbang Hasundutan, Desa Bonanionan, Desa Onan Ganjang dan Desa Pakkat Hauagong memperoleh program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Serah terima secara simbolis diberikan oleh Anggota DPR RI Komisi V, drh. Jhoni Allen Marbun, MM, Kepala Balai Cipta Karya Permukiman Wilayah Provinsi Sumatra Utara, Syafriel Tansier dan Bupati Humbang Hasundutan yang diwakili Sekretaris Daerah, Drs. Tonny Sihombing, MIP yang dilaksanakan di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggu.

Dalam sambutan Bupati yang diwakili Sekretaris Daerah, Drs. Tonny Sihombing, MIP, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Pusat dan secara khusus kepada Bapak drh. Jhoni Allen Marbun, MM yang memberikan perhatian kepada masyarakat Humbahas dan bukan hanya hari ini tetapi sudah berulang-ulang.

Sebelumnya, masyarakat Humbahas mendapat bantuan Bedah Rumah dan hari ini kita kembali mendapat bantuan Program Kotaku dari Kementerian PUPR.

Program kotaku adalah penanganan kawasan kumuh dalam sektor jalan lingkungan permukiman, air minum, drainase lingkungan dan persampahan.

Pada tahun 2020 Kabupaten Humbang Hasundutan mendapat alokasi dana program kotaku sebanyak 3 (tiga) desa, yaitu Desa Bonanionan, Desa Onan Ganjang dan Desa Pakkat Hauagong.

Harapan kita, agar program ini kedepan bisa berjalan dengan lancar dan hasilnya bisa maksimal sehingga dapat dirasakan untuk kesejahteraan masyarakat Humbang Hasundutan.

Sementara itu, Kepala Balai Cipta Karya Permukiman Wilayah Provsu, Syafriel Tansier dalam sambutan tertulisnya menjelaskan bahwa program kotaku baru tahun ini ada di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Program Kotaku merupakan pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat untuk mendukung program 100-0-100 yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Program Kotaku dilaksanakan di 34 Provinsi yang terkenal di 271 Kabupaten/ Kota, pada 11.067 Desa/Kelurahan berdasarkan Surat Keputusan (SK) kumuh yang ditetapkan oleh kepala daerah masing-masing Kabupaten/Kota, permukiman kumuh yang berada di lokasi sasaran program kotaku seluas 23.656 hektar.

Mengingat sifat pekerjaan dan skala pencapaian, diperlukan kolaborasi beberapa pihak antara pemerintah mulai tingkat pusat, tingkat Kabupaten/Kota sampai dengan tingkat Kelurahan/ Desa, pihak swasta, masyarakat dan pihak lain yang terkait.

Pada kesempatan yang sama, anggota DPR RI Komisi V, drh. Jhoni Allen Marbun, MM mengapresiasi kinerja Bupati Humbang Hasundutan terutama dalam ‘mengetuk’ program bantuan dari pusat. Diminta saja belum tentu diberikan, apalagi bila tidak diminta.

Kalau Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE berulang-ulang mengetuk pemerintah pusat termasuk melalui kami anggota DPR RI Komisi V yang membidangi PUPR. (BS)

- Advertisement -

Latest news

Lantik Delapan Pejabat Eselon II, Wali Kota Habib Hadi Nantikan Terobosan dan Inovasi

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Di tengah rintik hujan yang membasahi Kota Probolinggo, Jumat malam (26/2), Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin melantik delapan pejabat yang...
- Advertisement -

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi Lantik Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan

Kabarmetro.id, MEDAN - Salah Satu kepala daerah yang dilantik yakni Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Humbang Hasundutan Prosesi pelantikan kepala daerah periode 2021-2026 dilakukan secara langsung di...

Ikon Jembatan Nanga Pinoh Sasaran Warga, Tim Satgas Bubarkan Kerumunan

Kabarmetro.id, MELAWI - Tim Yustisi Kabupaten Melawi dan Satgas Aman Nusa II Polres Melawi melakukan imbauan agar masyarakat tidak melakukan kerumunan dibawah jembatan Nanga...

Diskominfo Purwakarta Raih Penghargaan Urusan Persandian se Jawa Barat

Kabarmetro.id, PURWAKARTA - Era keterbukaan dan globalisasi berdampak pada keterbukaan informasi, dimana untuk memperoleh informasi sangatlah mudah, bahkan dijamin oleh Undang-Undang. Masyarakat memiliki kebebasan...

Related news

Serka Siswanto dan Serda Bagyo Motivator Warga Desa Betek

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Komunikasi sosial adalah satu dari 5 kemampuan teritorial yang wajib dimiliki oleh aparat toritorial (babinsa). Untuk menjawab poin Komsos dalam hal ini...

Bupati Benteng Buka Kegiatan Bela Negara

Kabarmetro.id, BENGKULU TENGAH - Kesbangpol Bengkulu Tengah gelar acara Bela Negara hal ini demi meningkatkan rasa tanggung jawab atas Negara Republik Indonesia acara tersebut...

Tagline, Desa Cerdas Untuk Purwakarta Istimewa

Kabarmetro.id, PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, terus berinovasi untuk menyesuaikan diri dengan percepatan teknologi komunikasi masa kini....

Vaksinasi Dosis I Pegawai Pemkot Probolinggo Berjalan Lancar

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Bertempat di Puri Manggala Bhakti, Kantor Wali Kota Probolinggo, terdapat sekitar 1800 orang yang dijadwalkan menerima vaksin dosis pertama ini untuk...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan