Wakil Bupati Humbahas Peduli Pertanian

Panen Bawang Bersama Poktan Sionombahal di Kecamatan Paranginan.

Doloksanggul,Kabarmetro.id – Wakil Bupati Humbahas, Saut Parlindungan Simamora Panen Bawang Merah bersama Kelompok Tani Sionombahal di Desa Siborutorop Kecamatan Paranginan (26/8). Bibit bawang merah ini merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat petani.

Turut hadir dalam panen ini Sekretaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan Drs. Tonny Sihombing, MIP, Staf Ahli dan Asisten di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Hasundutan dan Pimpinan OPD.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora sangat mengapresiasi atas usaha Kelompok Tani Sionombahal dalam memaksimalkan bantuan bibit yang diberikan Pemkab Humbahas mulai dari penanaman, pemeliharaan sampai panen ini.

BACA JUGA:  Daerah Rawan Banjir Akan Jadi Sektor Pariwisata

Ini bukti dari hasil panen hari ini yang sangat memuaskan,  Wakil Bupati dalam kesempatan ini meminta kepada Kelompok Tani agar hasil ini dijadikan bibit untuk penanaman berikutnya. Pemkab Humbahas akan mengupayakan untuk membantu pemasaran dan akan membentuk BUMD yang bisa menampung hasil panen petani.

Ketua Kelompok Tani Sionombahal Baktiar Togatorop mengatakan bibit yang diterima kelompok tani Sionombahal bersumber dari Realokasi dan Refocusing APBD Kabupaten Humbang Hasundutan TA 2020 dan bibit yang diterima berjumlah 250 kg untuk luas lahan ½ hektar. Berdasarkan hasil ubinan untuk hasil panen basah berjumlah 30 ton/ha.

BACA JUGA:  Dekranasda : Bantuan Untuk 76 Pengrajin

Selanjutnya Penasehat kelompok Tani mengatakan ini merupakan panen pertama bawang merah di kelompok tersebut dan setelah melihat hasil yang sangat memuaskan ini Kelompok Tani Sionombahal berencana akan mengembangkan pertanian bawang merah ini karena cukup menjanjikan hasilnya. Selanjutnya mereka mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Humbahas, PPL dan PPS atas perhatian kepada Kelompok Tani selama proses penanaman sampai panen bawang merah ini.

BACA JUGA:  Pelaku Usaha Berharap Himbauan Presiden Penundaan 1 Tahun Pembayaran Kredit Memiliki Payung Hukum

Untuk kita ketahui bersama bahwa bibit bawang merah yang digunakan oleh kelompok tani ini merupakan hasil Refocusing dan Realokasi APBD Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2020. Bawang Merah menjadi salah satu komoditi yang diprioritaskan oleh Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan selain bawang putih dan kentang tanpa mengesampingkan tanaman unggulan seperti kopi dan padi. (BS)

 98 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *