28.7 C
Jakarta
Rabu, Maret 3, 2021

Belum Miliki Kantor Setelah 75 Tahun Merdeka

- Advertisement -
- Advertisement -

Menumpang di kantor Koramil Doloksanggul 

Humbahas,Kabarmetro.id.-Usia kemerdekaan Republik Indonesia telah mencapai 75 tahun. Mereka para pendahulu telah mengorbankan harta, darah dan nyawa demi satu tujuan Indonesia merdeka.
Namun demikian, para pejuang yang masih hidup disebut veteran, tetap saja masih berjuang mewujudkan kesejahteraan hidupnya.

Setidaknya itulah yang dirasakan para veteran di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Mereka meminta perhatian pemerintah setempat, mulai pembangunan kantor, hingga minim kesejahteraan.
Kepada wartawan, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Humbahas, Salmi Manullang mengatakan, saat ini total mereka (veteran di Humbahas) sebanyak 80 orang yang masih hidup.
Menurutnya, para veteran sebenarnya berhak mendapatkan kesejahteraan. Namun, hal itu tergantung dari kebijakan pemerintah yang bertanggungjawab atas kesejahteraan mereka.

Dikatakan Salman, perhatian pemerintah terhadap veteran sangat minim, apalagi di usia kemerdekaan Indonesia telah mencapai 75 tahun. Menuru pria kelahiran tahun 1930 ini, sejak dibentuknya di Humbahas, keberadaan kantor LVRI tidak pernah ada.
Dia menuturkan, sudah pernah disampaikan hal ini ke Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor. Dan Dosmar melalui Sekretaris Daerah (Sekdakab), Tonny Sihombing berjanji akan membangun kantor LVRI di bulan Juni lalu tahun 2020.

“Kita sudah sampaikan kesejahteraan veteran agar ditampung ke dana hibah. Setiap tahun kita usulkan, tetapi tidak pernah terealisasi. Tak pernah ada bantuan. Sampai saat ini ketika kita melakukan kegiatan apapun, itu dari kantong sendiri,” kata Salman, Senin (17/8/2020).

Salman mengaku, di tahun ini tidak mengikuti Hari Kemerdekaan dikarenakan sakit mengakui, veteran di Humbahas diibaratkan hanya sebatas semboyan dan formalitas, padahal kesejahteraannya sudah diatur dalam Undang-Undang (UU).
Meskipun hanya sebatas semboyan, formalitas, mereka tetap senantiasa memelihara tradisi perjuangan, penuh semangat dan tekad mewujudkan kesejahteraan dan keadilan masyarakat sesuai dengan Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Salah satu Tokoh Masyarakat Humbahas, MPR Manullang mengaku prihatin dengan nasib para veteran yang masih kurang perhatian dari pemerintah. Dia mencontohkan, seperti keberadaan kantor LVRI di Humbahas.
“Kalau ngumpul-ngumpul atau pun buat surat-surat, mereka (veteran) menumpang di kantor Koramil 05/Dolok Sanggul. Memang miris kita melihat hal ini,” ucap MPR Manullang.

Hal ini juga diakui, Danramil 05/Dolok Sanggul, Kapt Inf BR Munthe. Ia mengaku,, kantor LVRI di Humbahas tidak ada. Bahkan jika mereka ada membuat pertemuan, maka menumpang di kantor Koramil 05/Dolok Sanggul.

Dirinya juga berharap, pemerintah memberikan perhatian. “Yang jelas mereka sudah mengajukan untuk bangunan kantor, tetapi belum di acc atau disetujui,” kata Danramil.

Terkait kesejahteraan veteran, Danramil mengaku tidak mengetahui, apakah ada atau belum. “Kalau itu saya tak tau, tidak sampai disitu. Tak pernah ada atau tidak. Namun tempat fasilitas mereka untuk nongkrong atau apa, itu di kantor kita,” katanya saat dihubungi.

Sementara Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor yang dikonfirmasi via WhatsApp (WA), hingga berita ini diturunkan tidak mau membalas.
Begitu juga Sekda, Tonny Sihombing dikonfirmasi melalui pesan singkat. Mantan Asisten Pemerintahaan di masa Bupati Maddin Sihombing ini, juga tidak mau membalas.(B.S)

- Advertisement -

Latest news

Program One Day One Juz Berjalan Khidmat

Kabarmetro.id, KOTA BENGKULU - Program One Day One Juz Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu memasuki hari ke-dua. Seperti sebelumnya, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut...
- Advertisement -

Lebih Lima Balon Kuwu Uji Kompetensi!

Kabarmetro.id, INDRAMAYU - Sesuai ketentuan yang berlaku, jumlah calon kuwu yang maju untuk pemilihan kepala desa dibatasi maksimal lima. Maka dari itu, seleksi tambahan...

Polsek Sidikalang Kota Fokus Desa Sitinjo I Sebagai Kampung Tangguh Nusantara

Kabarmetro.id, DAIRI - Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH melalui Kapolsek Sidikalang Kota Iptu Sukanto Berutu SH mencanangkan Desa Sitinjo I sebagai...

Sudinhub Jakbar Pasang MCB, Antisipasi Parkir Liar di Asemka

Kabarmetro.id, JAKARTA - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat melakukan pemasangan Movable Concrete Barrier (MCB) di Jalan Pintu Kecil, Asemka, Jakarta Barat. Hal tersebut dilakukan untuk...

Related news

Santai Bersama Hawa Dingin di Prancis

Kabarmetro.id, PARIS - Kota Nice adalah sebuah kota di Prancis Selatan yang terletak di tepian Laut Tengah, antara Marseille dan Genoa. Kota ini merupakan...

Israel Buka Kedutaan di Uni Emirat Arab

Kabarmetro.id, ISRAEL - Setelah empat bulan Israel mengumumkan pembukaan kedutaan di Uni Emirat Arab (UEA) pada Minggu (24/1), setelah adanya penandatanganan sebuah perjanjian untuk...

Pendukung Trump Serbu Gedung Capitol, Berikut Penyerangan yang Pernah Terjadi

Kabarmetro.id - Massa pendukung Presiden Donald Trump menyerbu serta melakukan perusakan Gedung Capitol Hill, Rabu petang (6/1/2021) waktu setempat. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk...

Presiden Terpilih Joe Biden Program 100 Hari Targetkan 100 Juta Vaksin Covid-19

Kabarmetro.id, AMERIKA SERIKAT - Pada pemilu presiden lalu, Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden menetapkan target 100 juta vaksinasi Covid-19 dalam 100 hari...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan