Kebijakan Pemerintah Sengsara kan Pedagang Ex Maduma 1

Humbahas,Kabarmetro.id – Pedagang Kaki Lima (PKL) di bahu jalan, tepatnya di Jalan Maduma I, mengeluhkan sepinya pembeli setelah di relokasi di Jalan Maduma II Kelurahan Pasar Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Ketua Asosiasi pedagang ingin kembali

Kepada kabarmetro.id, Ketua Asosiasi PKL Kabupaten Humbahas, Jondos Tahi Simanullang mengatakan “mereka ingin kembali berjualan ke Jalan Maduma I seperti sedia kala,” menurut pendapat Jondos, lokasi tempat jualan yang baru tidak memadai dikarenakan sempit, apalagi mereka berjualan di pinggir jalan.

BACA JUGA:  10 Sasaran Bagi Pengendara Mulai 23 Juli - 05 Agustus 2020

beberapa faktor yang merugikan pedagang setelah di lokasi di antaranya, pembeli sulit menemukan lapak pedagang, sementara di lokasi lama jalan Maduma 1, masih banyak pedagang yang berjualan dengan jenis dagangan yang sama.

Di tambah jarak antara Maduma 1 ke Maduma 2 yang di nilai pembeli cukup jauh sekitar 200 meter dari lokasi lama menambah faktor sepi pembeli, dan banyaknya pedagang yang gulung tikar karena omzet yang di dapat pedagang berkisar antara 10 sampai 20 persen saja.

BACA JUGA:  Pasien Rehab di Temukan Sudah Tidak Bernyawa

Pakar Ahli Hukum angkat bicara

Menurut Ahli Hukum Tata Negara dari Universitas HKBP Nommensen Sumatera Utara, Janpatar Simamora “Jalan Maduma I direlokasi ke Jalan Maduma II dengan hanya bermodalkan hasil notulen rapat dinilai kurang tepat, tidak mencerminkan landasan hukum yang memadai, yang mengakibatkan kesengsaraan para pedagang.Selain itu, tambah dia, pemerintah perlu mengetahui, salah satu syarat utama kebijakan harus mendatangkan manfaat. “Kalau justru sebaliknya, hal demikian tidak tepat disebut kebijakan,” kata Janpatar.

BACA JUGA:  Konflik di HKBP Cibinong Pendeta Pengganti Gagal Di Lantik

Wacana Dinas Perhubungan perlu di tinjau ulang

Inisiatif yang di canangkan Dinas Perhubungan (Dishub) melalui rapat dengan Dinas Koperasi Perdagangan dan Industri (Kopedagin), Satpol PP, Camat Dolok Sanggul, Lurah Pasar Dolok Sanggul, perwakilan masyarakat sekitar Pasar Dolok Sanggul (Jalan Richardo, Jalan Maduma I dan Jalan Maduma II), Asosiasi Pedagang Sayur Mayur, pengusaha angkutan desa (angdes), pengelola parkir dan jasa sorong. Yang menghasilkan 8 keputusan rapat di antaranya relokasi pasar.[] Red.

 

 30 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *