Tes Swab Massal Di Mulai

Payakumbuh,Kabarmetro.id – Kecamatan Payakumbuh Utara menjadi wilayah pertama yang laksanakan tes swab massal yang digelar tim gugus tugas penanganan Covid-19, dilaksanakan di Kantor KAN Koto Nan Gadang, Selasa (30/6).

Saat video confence bersama awak media, Senin (22/6), Wali Kota Riza Falepi selaku Ketua Tim Gugus Tugas menegaskan ada sekitar 1 persen warga kota Randang rencananya akan di swab, tujuannya agar bisa mengecek apakah di Payakumbuh masih ada yang orang terkena Covid-19 tanpa gejala (OTG).

Riza menegaskan kendati saat ini kasus positif Covid-19 di Payakumbuh sudah ZERO. Kebijakan swab massal ini seluruh Sumatera Barat melakukannya, instruksi dari Gubernur Sumbar ada sekitar 1 hingga 1,2 persen dari total seluruh warga kota/kabupaten yang diambil swabnya.

BACA JUGA:  SEORANG WANITA TAK MAMPU MELALUI PEMERIKSAAN PASPOR AKIBAT PENGGUNAAN BERLEBIHAN PRODUK PEREMAJAAN KULIT YANG DICIPTAKAN OLEH PUTRINYA

“Kita ‘Marosok’, tadinya kan mau ambil sampel dari pasar, karena terlalu banyak komentar, tim gugus niatnya baik, tapi diterima tidak baik. Tidak ada niat aneh-aneh, prosedur yang dijalani oleh pemerintah ini gunanya kewaspadaan terhadap Covid-19,” kata Riza saat itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Dr. Bakhrizal menjelaskan swab massal ini pesertanya disampling, data warga perkelurahan sudah ada di kecamatan.

“Kita dari dinas menyampaikan berapa kuotanya, dan camat mengirimkan nama-nama warga yang akan diswab, untuk target, ada sebanyak 380 warga di wilayah Kecamatan Payakumbuh Utara,” kata dr. Bakhrizal didampingi Sekretaris Dinkes Wawan dan Kabid P3 Kedmas Asmarini, Kabid PPSDK Vivi Leswari, Kasi P3 Fatma Nelli dan Kasi Pelayanan Kesehatan Romilda Velani.

BACA JUGA:  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Laksanakan Penyemprotan di Ruang Kantor Inspektorat

Heppy Harianto, salahsatu warga yang ikut swab dari Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo mengaku mengikuti swab ini untuk kebaikan dirinya dan keluarga, dirinya waspada agar tidak terpapar Virus Corona, menurutnya setiap keluarga harus ada 1 mewakili untuk disampling.

“Hasilnya semoga bisa nemberi manfaat, saya gak takut ikut Swab, ini untuk diri kita untuk orang terdekat,” katanya.

Sementara itu, Camat Desfitawarni berharap tidak ada warganya yang positif, dorongan camat dan lurah untuk melaksanakan swab ini sangat kuat kepada warga.

BACA JUGA:  Terapi Plasma Konvalesen, Metode Penyembuhan COVID-19 Melalui Transfusi Darah

Untuk informasi, Rabu (1/7) akan dilaksanakan di Payakumbuh Timur di Pustu Padang Alai dan Puskesmas Aia Tabik.

Kamis (2/7), di Kecamatan Payakumbuh Timur, di Balai Batimah Kelurahan Tiakar dan Balai Kaco Kelurahan Payobasuang. Sementara di Kecamatan Payakumbuh Selatan swab massal digelar di Kantor Camat.

Jumat (3/7) untuk Kecamatan Latina di Puskesmas Lamposi.

“Untuk Payakumbuh Barat sendiri akan digelar minggu depan, selama Senin hingga Jumat karena warga di kecamatan itu banyak,” kata Kadis Kesehatan menerangkan. (JPP/SN)

3,131 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *