Erwin : Jadikan Kampung Tangguh, SDM Kita Jadi Produktif

Payakumbuh, kabarmetro.id – Wakil Wali Kota Erwin Yunaz bergotong-royong bersama warga di Kecamatan Payakumbuh Timur guna mempersiapkan kampung tangguh di Kelurahan Payobasung, Minggu (14/6).

Turut hadir Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi, Lurah Payobasung Ade Vianora, Lurah Balai Jariang Ronal Sutan Parmato, serta beberapa anggota karang taruna kecamatan setempat.

Dikatakan, persiapan kampung tangguh di Payakumbuh ini adalah sebagai awal dari gerakan tatanan nomal baru produktif aman Covid-19 (TNBPAC). Hebatnya juga, kampung tangguh diharapkan tak hanya kuat memproteksi warga dari penularan Corona, namun juga kuat swadayanya.

BACA JUGA:  Mendapat Perhatian Khusus Dari Polres Majalengka Adanya Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg

Pemanfaatkan pekarangan rumah atau kelompok dengan membuat Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dimana detiap KK di halaman rumahnya mampu bercocok tanam, meskipun hanya dengan polyback. Atau membuat kolam ikan dari terpal.

BACA JUGA:  HUT RI Ke-75 DANDIM 0210 TU DAN KAPOLRES TAPUT LUNCURKAN 6 UNIT MOBIL INTERNET GRATIS

“Nantinya warga punya sayur, bawang, dan cabe di halaman rumahnya, bila mereka mau bahkan buah-buahan untuk menambah imunitas tubuh juga bisa ditanam,” kata Wawako Erwin Yunaz.

Terlebih lagi, saat dicanangkan bersama Duet Riza- Erwin, bersama Forkopimda, ada 3 kampung tangguh sebagai pilot ini diharapkan menjadi percontohan bagi kelurahan lainnya.

BACA JUGA:  Presiden Tandatangani PP Nomor 12 Tahun 2020

“Hikmah dari pembentukan kampung tangguh disini adanya pemberdayaan masyarakat, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk lebih produktif dan tidak kesulitan memenuhi kebutuhan pangan keluarga mereka, bahkan saat Covid-19 sudah hilang nanti sekalipun,” kata Erwin Yunaz. [] JPP/SN

 84 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *