Lion Air Dapat Ijin Khusus Beroperasi

Jakarta, kabarmetro.id – Dalam kondisi negara terdampak pandemi covid – 19, berbagai kebijakan telah dikeluarkan untuk memutar mata rantai penyebaran virus corona, di antaranya larangan bagi maskapai penerbangan untuk beroperasi.
Namun Kementerian Perhubungan telah menerbitkan izin khusus bagi Lion Air Group untuk mengudara, sesuai pernyataan pihak management maskapai itu menyebutkan salah satu penerbangan yang akan dilayani adalah khusus pebisnis, untuk rute perjalanan  domestik yang akan dimulai pada hari Minggu (3/5).
Danang Mandala Prihantoro selaku  Corporate Communications Strategic of Lion Air Group menyampaikan ” Operasional Lion Air Group dengan perizinan khusus (exemption flight) dari regulator yakni Kemenhub RI untuk melayani pebisnis bukan dalam rangka mudik,”  berdasarkan keterangan resminya, Selasa (28/4).
Danang menjelaskan rencana operasional akan melayani rute-rute penerbangan dalam negeri. Termasuk kota atau destinasi berstatus Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan wilayah dengan transmisi lokal atau daerah terjangkit virus corona COVID-19 (Zona Merah).
Bagi para penumpang pada penerbangan khusus harus mengikuti protokol kesehatan, hal pertama harus memiliki surat keterangan sehat dari rumah sakit setempat yang menerangkan bebas atau negatif COVID-19.
Kedua, mengisi surat pernyataan di rute PSBB atau Zona Merah yang disediakan oleh Lion Air Group. Ketiga, melampirkan surat keterangan perjalanan dari instansi/ lembaga/ perusahaan yang menjelaskan bahwa calon penumpang yang akan berpergian menggunakan pesawat udara adalah pelaku bisnis atau perjalanan dinas, bukan untuk mudik.
Keempat, bagi pedagang atau pengusaha logistik yang tidak memiliki instansi dapat membuat surat pernyataan untuk berdagang/ transaksi secara benar. Kelima, mengikuti ketentuan lain yang ditetapkan pemerintah.
Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pernyataannya mengizinkan calon penumpang untuk melakukan perjalanan dalam hal berbisnis.
“Tadi ada catatan pebisnis dibolehkan naik pesawat. Saya bilang monggo, tapi protokol kesehatannya harus ketat, jangan di kami. Kami hanya oke hari ini 1 flight, 3 flight,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam konferensi persnya secara virtual, [] Red.

 5,454 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *