Gubernur Arinal Dukung Pendidikan Karakter yang Cerdas Responsif dan Jujur bagi Calon Pemimpin Bangsa

Lampung Selatan, kabarmetro.id – Dalam Kunjunganya di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kebangsaan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sangat mendukung pengembangan pendidikan karakter Bangsa yang Mendidik siswa Calon pemimpin bangsa menjadi Cerdas dan Responsif juga memiliki watak jujur.

Gubernur mengatakan Dukunganya saat berkunjung pada SMA Kebangsaan, di Kecamatan Penengahan, Kalianda, Lampung Selatan, Selasa (17/3/2020).

“Untuk mencapai nilai A mungkin tidak sulit, tetapi bagaimana kita mampu mengembangkan nilai A tersebut seperti jujur dan ikhlas. Itulah sebabnya, pemerintah bersungguh-sungguh menggarisbawahi akan pentingnya pendidikan dan pembangunan karakter bangsa,” ujar Gubernur Arinal di hadapan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Aris Satria dan pendiri SMA kebangsaan Zulkifli Hasan dalam acara kunjungan tersebut.

Menurut Gubernur, pembangunan karakter dan pendidikan menjadi satu keharusan. Sebab, pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas, melainkan juga mempunyai budi pekerti, sopan santun dan jiwa kepemimpinan.

BACA JUGA:  Program Disdukcapil Laksanakan Kegiatan Perekaman E-KTP Keliling di Desa Tinumpuk

Gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa, lanjut Gubernur, dapat dilakukan melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetika), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik) dengan dukungan pelibatan publik dan kerjasama antara sekolah, keluarga dan masyarakat yang merupakan bagian dari gerakan nasional revolusi mental.

Pada bagian lain, Gubernur menyoroti keharusan untuk meningkatkan produktivitas dan saya saing dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pemerataan dan akses pelayanan pendidikan.

“Pembangunan SDM merupakan fokus utama Pemerintah Provinsi Lampung dalam program lima tahun ke depan, sebagai prasyarat meningkatkan produktivitas dan daya saing,” ujarnya.

Gubernur Arinal juga menjelaskan Pemerintah Provinsi Lampung telah mengambil bagian dalam membangun anak bangsa. Selain pembangunan fisik dan melengkapi sarana dan prasarana pendidikan, juga melakukan pemberian bantuan beasiswa pendidikan kepada siswa-siswi SMA Kebangsaan berasal dari 15 Kabupaten/Kota dengan syarat tertentu.

BACA JUGA:  Babinsa Nusukan Hadiri Rakor Penerimaan Bantuan Warga Miskin

Beasiswa ini diberikan sebagai wujud kepedulian Pemerintah Provinsi Lampung dalam rangka upaya memastikan kemajuan dan kualitas pendidikan, yaitu Tahun 2017 sebanyak 20 siswa, Tahun 2018 sebanyak 48 siswa, dan Tahun 2019 sebanyak 45 siswa, begitu juga di tahun 2020.

“Saya juga akan mendorong siswa di 15 Kabupaten/Kota untuk dapat melanjutkan sekolah di SMA Kebangsaan. Dan menyampaikan informasi kepada perusahaan dalam mendukung SMA Kebangsaan,” jelasnya.

Selain memberikan beasiswa di SMA Kebangsaan, Pemerintah Provinsi Lampung juga melakukan kerja sama dengan memberikan bantuan beasiswa Politeknik Negeri Lampung (Polinela), Beasiswa Perguruan Tinggi yang dikelola oleh Sampoerna, dan Beasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera),” jelasnya.

Terkait merebaknya virus corona saat ini, Gubernur Arinal menyampaikan dalam rangka pencegahan di lingkungan satuan pendidikan, maka perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan di antaranya mengoptimalkan peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), memastikan ketersediaan sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan alat pembersih sekali pakai (tisue) di lingkungan sekolah.

BACA JUGA:  Danramil 412-11 Abung Semuli Hadiri Sosialisasi Perda Provinsi Lampung tentang RTRW di Desa Sukamaju.

“Kemudian melakukan pembersihan ruangan dan lingkungan sekolah secara rutin, melaporkan kepada Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan atau Pemerintah Daerah setempat bila ditemukan gejala-gejala seseorang terinfeksi Covid-19. Dan menjaga pola hidup sehat bagi semua siswa dan guru dengan mengkonsumsi makanan bergizi, protein tinggi dan buah-buahan,” imbaunya.

Sementara itu, pendiri SMA Kebangsaan Zulkifli Hasan mengapresiasi kehadiran Gubernur Arinal.

“Terimakasih Pak Gubernur sudah berkenan hadir. Anak-anak sangat mengharapkan dukungan dan bimbingan Pak Gubernur, karena bapak adalah orang tua bagi anak-anak. Dan anak-anak inilah yang 20 tahun ke depan akan menggantikan kepemimpinan kita, jelas Zullkifli. [] Heri/adpim

 167 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *