Tip Gaya Hidup untuk Hindari Tekanan Darah

Hampir seluruh kebiasaan dalam menjalani hidup akan berdampak pada kesehatan tubuh di kemudian hari. Salah satunya adalah penyakit hipertensi atau darah tinggi, yang bisa mengancam nyawa Anda jika menjalani pola hidup asal-asalan.

Anggota Perhimpunan Hipertensi Indonesia (InaSH) dr Erwinanto, SpJP mengatakan, jika saat muda tidak menjaga gaya hidup dan makanan sehat potensi mengalami hipertensi di usia 30 tahun ke atas semakin besar. Menurutnya, anak muda pun tidak lepas dari risiko hipertensi.

BACA JUGA:  Lounching T-Shirt Campaign Indonesia, The World Park oleh Yayasan Taman Wisata Dunia Bersama RICOH

Ia membagikan tips cara gaya hidup sehat untuk mengontrol TEKANAN DARAH. Menurutnya, gaya hidup sehat ini bisa dilakukan oleh pasien terdiagnosis hipertensi maupun yang tidak.

“Lifestyle itu bergantung banyak hal. Misalnya, banyak buah, banyak sayur, sedikit susu, daily produknya dikurangi. Terus banyak makan sayur. Kemudian garamnya dikurangi,” kata dr Erwin ditemui usai acara seminar media di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

BACA JUGA:  Moms DL 89 Berbagi Sembako dan Sarana Kesehatan untuk Polsek Tamansari dan Koramil Ciomas

Namun diakui dr Erwin, memang tidak mudah mengukur batasan konsumsi garam dalam satu hari. Apalagi jika sering membeli makanan di luar seperti junk food dan makanan cepat saji.

Meski begitu, seseorang harus bisa memperkirakan kandungan garam yang ia konsumsi jangan sampai berlebihan.

Selain itu Erwin juga mengingatkan agar berat badan jangan sampai berlebihan, sebaiknya tidak merokok, juga lakukan olahraga rutin.

BACA JUGA:  Ubah Gaya Hedonis dengan Cara ini

“Olahraga aerobik paling. Kalau untuk hipertensi mulainya olahraga yang ringan kemudian mulai dinaikan. Hipertensi bisa melakukan treadmill tapi yang diukur dengan tekanan darah itu,” ucapnya.

Ia menjelaskan, olahraga apa pun sebenarnya pasti akan meningkatkan tekanan darah. Namun semakin sering melakukan olahraga secara teratur, sebenarnya kenaikan tekanan darah saat berolahraga tidak akan terlalu berlebihan.

 135 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *