BerandaNews2 Januari Diperingati Sebagai Hari Introvert Sedunia, Ini Sejarah...

2 Januari Diperingati Sebagai Hari Introvert Sedunia, Ini Sejarah dan Tujuan Peringatannya

Kabarmetro.id, JAKARTA – Setiap tanggal 2 Januari diperingati sebagai Hari Introvert Sedunia atau World Introvert Day, Tujuannya adalah mengajak orang-orang untuk menghabiskan waktu dalam ketenangan dan kedamaian setelah hiruk pikuk pesta perayaan tahun baru.

Selain Hari Introvert Sedunia, tanggal 2 Januari juga diperingati untuk berbagai perayaan lain mulai dari Hari Motivasi dan Inspirasi, Happy Mew Year for Cats Day, Hari Science-Fiction, dan masih banyak lagi.

Adapun introvert adalah orang dengan kualitas tipe kepribadian introversi. Artinya, mereka merasa lebih nyaman terhadap pemikiran dan gagasan batin ketimbang apa yang terjadi pada eksternal atau lingkungan sekitar.

Mereka orang introvert lebih cenderung menikmati aktivitas sendirian atau bersama 1-2 orang dibanding ikut serta dalam pesta atau acara yang melibatkan banyak orang.

Sejarah Hari Introvert Sedunia
Dikutip dari laman Hindustan Times, Hari Introvert Sedunia dicanangkan oleh psikolog asal Jerman bernama Felicitas Heyne.

Heyne adalah psikolog yang kerap mengamati dan menulis tentang introvert, Ia berpendapat bahwa orang introvert berhak mendapatkan satu hari penuh ketenangan setelah rentetan liburan dan hari perayaan seperti Thanksgiving, Natal, dan tahun baru.

Menurutnya, satu hari penuh ketenangan tersebut dapat membantu para introvert untuk ‘mengisi daya’ dan mempersiapkan diri untuk beraktivitas di hari yang akan datang.

Tujuan Hari Introvert Sedunia
Selain memberikan waktu bagi para introvert untuk mencari ketenangan dan kesunyian, Hari Introvert Sedunia juga bertujuan untuk mengajak orang-orang memahami apa yang dirasakan para introvert dengan cara menjalani hari dengan penuh ketenangan.

Hari Introvert Sedunia juga bertujuan untuk menghargai privasi introvert dengan memberikan waktu dan ruang yang mereka butuhkan untuk dirinya sendiri.

Bagaimana Cara Merayakan Hari Introvert Sedunia?
Hari Introvert Sedunia diperingati dengan cara memberikan waktu bagi diri sendiri dan beristirahat sejenak dari kebisingan yang ada di sekitar.

Adapun beberapa cara untuk mewujudkannya antara lain: Dengan berdiam Diri di Rumah
Hari Introvert Sedunia adalah waktu yang tepat untuk membatalkan semua acara pesta bersama teman-teman dan memanjakan diri di rumah dengan melakukan hal-hal yang disenangi.

Berjalan-jalan Santai
Manfaatkan kesempatan Hari Introvert Day untuk berjalan-jalan santai di sekitar rumah sambil merenung dan melakukan instropeksi diri.

Ciptakan Karya:
Introvert dikenal lebih produktif saat bekerja sendirian. Tumpahkan semua kreativitas dan imajinasi untuk membuat sebuah mahakarya seperti lukisan, puisi, lagu, website, dan hal lain yang dapat bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. (Red/KM)